POPULAR STORIES

3 Titik Rawan Kepadatan Saat Arus Balik Lebaran 2018

3 Titik Rawan Kepadatan Saat Arus Balik Lebaran 2018 Menhub tinjau arus balik Lebaran 2018 (dok. Kemenhub)

KabarOto.com - Pemerintah melalui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan terdapat 3 titik yang berpotensi rawan kemacetan saat arus balik Lebaran 2018. Fakta yang ada di lapangan, kemungkinan antrian kendaraan bisa terjadi di tol fungsional Jembatan Kalikutho, tempat istirahat jalan tol dan Tol Cipali.

"Meskipun rawan kemacetan namun Polri dan Dinas Perhubungan sudah menempatkan personil untuk mengatur arus lalu lintas," ujar Menhub Budi Karya kepada awak media, Senin (18/6/2018).

Baca juga: Tol Arah Cikampek Ditutup, Pengguna Tol Dialihkan Via Kalimalang

Lebih lanjut Ia pun menambahkan, "Tapi dari ketiganya itu mungkin, Tol Cipali yang paling harus di manage secara baik,” paparnya. Dikatakan Menhub terkait kondisi ini pihak Kepolisian memiliki kewenangan penuh di lapangan untuk melakukan diskresi.

“Deskresi yg pertama berkaitan dengan contraflow dan one way, itu bisa dilakukan sewaktu-waktu dan ini sudah dilakukan dan yg kedua yang lebih lugas lagi adalah diskresi untuk membebaskan pembayaran,” bebernya.

Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek

Terkait dengan pemberlakuan one way menurut Menhub sangat efektif untuk mengurai kemacetan. Selain itu dengan pemberlakuan one way secara otomatis menambah jumlah rest area pada sisi kiri dan kanan. Terlebih lagi menurut Menhub dengan pemberlakuan one way pihaknya optimis Tol Cikampek akan dapat menerima limpahan kendaraan dari Tol Cipali.

“Ini suatu pola atau suatu cara yang efektif, apabila terjadi kemacetan di Tol Cipali dan untuk diketahui Tol Cipali ini memang dimungkinkan untuk satu arah karena setelah ini diterima Tol Cikampek dengan jalur yang banyak, jadi dari kecil membesar,” kata Budi.

Selain itu, Budi pun turut menjamin pihaknya bersama pihak terkait lainnya akan terus berupaya mencari solusi terbaik agar arus balik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan baik.