POPULAR STORIES

4 Sekawan Bentuk Komunitas Motor BOM Bandung

4 Sekawan Bentuk Komunitas Motor BOM Bandung Komunitas motor BOM Bandung ini didirikan untuk meminimalisir generasi muda bergabung ke geng motor. (Foto Dok BOM Bandung)

Bikers of Matic (BOM) Bandung adalah sebuah komunitas motor yang berada di wilayah Jawa Barat. Bagaimanakah komunitas motorBOM Bandung ini?

Ada cerita unik awal terbentuknya komunitas motor BOM Bandung. Hal inilah yang dituturkan oleh Andika Pratama, Ketua Umum BOMB Bandung. Menurutnya, empat sekawan sebagai pendirinya. Empat sekawan ini saat itu berbeda pendapat dan merumuskan komunitas motor ini di sebuah masjid, Cinunuk, Bandung Timur.

"Hampir saja waktu itu kita menamai club ini dengan nama Barudak Masjid . Tapi karena satu dasar diantara kita berempat memiliki satu basic yang sama yaitu matic walau beda varian. Jadilah kita bentuk Brother of Matic Bandung," kata Andika Pratama, Ketua Umum komunitas motor BOM Bandung.

Seiring berjalan waktu dan permasalahan pun datang nama komunitas motor ini diubah jadi Bikers Of Matic Bandung. Komunitas motor ini memiliki aturan dasar yang sangat sentral pada saat mendirikan BOM Bandung dan itu harus dijalani oleh member-membernya, aturan itu diantaranya, tertib lalu lintas, terapkan safety riding dan say to no drugs and drunk.

"Ketiga aturan dasar itu dirumuskan karena pada saat itu generasi muda di daerah kami benar benar kacau bagai sampah masyarakat. Kami pun bertekad memperbaiki generasi muda yang ada dengan mendirikan club agar menjadi wadah hobi yang positif," tuturnya.

Komunitas motor BOM Bandung ini didirikan untuk meminimalisir generasi muda bergabung ke geng motor. Bahkan untuk member yang pernah bergabung dengan geng motor pun komunitas ini mengayominya agar lebih baik.

Komunitas yang saat ini punya 30 member selalu melakukan kopdar. Namun mereka kopdar bukan di pusat kota yang ramai seperti club lain. BOM Bandung kopdar di sekitaran Cinunuk atau Cipadung, Bandung Timur.

"Kita kopdaran bukan hanya ingin sekedar kopdaran tapi menciptakan suasana lain seperti 'suasana haneuteun' bagi warga sekitar yang kami jadikan tempat untuk kopdar. Jadi ga di kota pun kita bisa menikmati suasana tenang dan ramai seperti di pusat kota," paparnya lagi.

Respon masyarakat pun positif, apalagi mereka kerap mengadakan berbagai kegiatan positif di daerah Cinunuk bekerjasama dengan karang Taruna RW.

"Alhamdulillah kita telah melakukan kegiatan positif diantaranya tourjib, makrab, forum internal dan agenda dengan masyarakat mendukung program kepemudaan karang taruna di RW Nunukan," tambahnya.

Saat kopdar biasanya mereka selaku sharing antar member, saling mendekatkan diri satu dengan yang lain dan sharing tentang motor atau trend yang sedang ramai.

"Kita juga sharing tentang pekerjaan sampai keluarga, kita terbuka di saat kopdar," katanya.

Pada tanggal 25 Desember, BOMB akan merayakan Hari Jadinya di daerah Garut, Jawa Barat.

Baca Juga: