POPULAR STORIES

5 Hal Pada Motor Yang Perlu Dicek Sebelum Mudik

5 Hal Pada Motor yang Perlu Dicek Sebelum Mudik 5 hal yang perlu di cek sebelum mudik naik motor

KabarOto.com - Jika akan berencana mudik menggunakan sepeda motor, ada baiknya memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah melakukan pengecekan kendaraan sebelum digunakan melakukan perjalanan panjang. Ini diilakukan agar anda nyaman selama melakukan perjalanan mudik. Astra Honda Motor memberikan informasi tentang 5 hal pada motor yang perlu di cek sebelum mudik.

Ban

Perhatikan kondisi ban motor dalam keadaan tidak habis/haus sehingga dapat memiliki cengkraman yang optimal saat pengereman, terutama dalam kondisi hujan. Pastikan batas maksimal ban masih aman dengan ketebalan pola tapak ban yang masih dapat digunakan.

“Untuk lebih aman, gantilah ban sebelum melewati batas maksimal ban motor,” ujar Endro Sutarno selaku Technical Training AHM. Agar lebih mudah, gunakankan Tread sebagai indakator tingkat kehausan ban yang terletak di tengah ulir ban. Posisi Tread dapat dilihat dari segitiga Tread Wear Indicator (TWI) yang biasanya terdapat di sisi dinding ban.

Selain itu, gunakanlah ukuran ban yang sesuai standar pabrikan serta pastikan tekanan angin sesuai dengan standar yang tertera pada sepeda motor. Ukuran standar tekanan ban dapat dilihat pada dek motor untuk motor jenis skutik. Sementara pada motor jenis sport dan bebek ukuran tertera pada swing arm.