POPULAR STORIES

5 Mobil Masa Depan Yang Super Canggih

5 Mobil Masa Depan yang Super Canggih 5 Mobil Masa Depan ©Istimewa

KabarOto.com- Produsen mobil berlomba-lomba menciptakan kendaraan berteknologi tinggi, mulai dari mobil listrik (electric vehicle) hingga kendaraan otonom (tanpa sopir) berteknologi tinggi.

Saat ini kendaraan masa depan memang sangat identik dengan teknologi otonom. Namun, kenyamanan penumpang menjadi hal yang paling utama.

Oleh karenanya, para perusahaan otomotif terus mengembangkan mobil dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). Harapannya adalah kendaraan ini bisa berinteraksi dengan penumpang.

Baca Juga:

Berikut, KabarOto.com hadirkan lima konsep mobil masa depan:

1. Emirai 4



Mitsubishi Motors meluncurkan konsep mobil listrik masa depan, Emirai 4, di ajang Tokyo Motor Show 2017. Emirai 4 merupakan konsep kendaraan listrik yang sepenuhnya berteknologi otonom.

Desain eksterior Emirai 4 cukup unik. Bodywork lebih ramping dan terdapat kap berkarbon. Bumper depan dihiasi dengan logo Mitsubishi. Sementara di bagian interior, terdapat layar LED yang dikombinasikan dengan teknologi pemetaan 3D.

Mitsubishi juga menyematkan fitur canggih berupa tombol intuitif yang memungkinkan pengemudi untuk mengoperasikan berbagai fungsi tanpa harus mengalihkan pandangan mata dari jalan.

Selain itu, Emirai 4 juga dilengkapi dengan teknologi menyeramkan yang mampu membaca panca indera pengemudi. Dilengkapi dengan kamera interior wide-angle yang memonitor pengemudi dengan mendeteksi postur kepala mereka untuk mengingatkan jika ada perilaku ceroboh pengemudi yang membahayakan keselematan jiwa dalam berkendara.

Terakhir, ada sensor dalam tubuh mobil yang dapat mendeteksi ketika pintu akan segera dibuka. Mitsubishi Motors menerapkan teknologi canggih di dalam konsep Emirai 4 untuk mengutamakan keselamatan pengemudi. Namun jika mengetahui komputer mobil terus memantau kondisi anda, bukankah hal tersebut terlihat menyeramkan?

Selain Emirai 4, Mitsubishi Motors juga akan meluncurkan konsep Mitsubishi e-Volution di ajang Tokyo Motor Show 2017. Mobil berwujud SUV coupe aerodinamis itu akan dibekali dengan teknologi canggih Artifical Intelligence.

2. Toyota Concept-i



Toyota resmi mengungkap mobil futuristik Toyota Concept-i pada ajang Consumer Electronic Show (CES), Las Vegas, Amerika Serikat. Toyota Concept-i menampilkan sosok kendaraan Toyota di masa depan.

Toyota Concept-i didesain oleh Toyota’s CALTY Design Research dan menggunakan teknologi dari Toyota Innovation Hub di San Francisco. Seluruh ide dibalik Toyota Concept-i adalah untuk menawarkan pengalaman pengguna yang mendalam dan energik serta imajinatif.

Toyota Concept-i telah terintegerasi dengan sistem kecerdasan buatan (sistem artificial intelligence) yang dapat mengetahui kebutuhan orang, meningkatkan kehidupan sehari-hari atau, seperti Toyota katakan, "mengilhami imajinasi mereka".

"Saat ini kendaraan masa depan memang sangat identik dengan teknologi otonom. Namun pengalaman dari penumpang yang berhubungan dengan kendaraan juga penting. Berkat Toyota Concept-i dan kekuatan kecerdasan buatan (artificial intelligence), kita berpikir kendaraan masa depan adalah kendaraan yang bisa berinteraksi dengan seseorang." ujar Bob Carter, senior vice president of automotive operations for Toyota.

Toyota mengklaim bahwa jantung Toyota Concept-i adalah sistem artificial intelligence yang kuat dapat memelajari perilaku, apa yang di inginkan dan membangun hubungan dengan pengguna mobil.

Selain itu Toyota Concept-i juga memberikan pilihan untuk menggunakan fitur mengemudi manual ataupun otomatis. Dengan sistem artificial intelligence yang memanfaatkan berbagai fitur canggih otomatis dapat meningkatkan keselamatan dalam mengemudi.

Didalam, Toyota Concept-i juga dilengkapi dengan "agen" Artificial Intelligent yang dijuluki Yui. Hebatnya Yui memiliki kemampuan untuk menggunakan cahaya, suara dan bahkan menyentuh pengendara untuk berkomunikasi memberikan informasi penting.

3. SL|PURE



Matthias Böttcher seorang desainer transportasi kendaraan asal Stuttgart Jerman dipercaya membuat desain mobil masa depan dari Mercedes Benz. Ada yang berbeda dengan desainnya kali ini.

Ia merancang desain mobil masa depan Mercedes Benz tanpa menggunakan kaca depan, samping, belakang, maupun spion kiri dan kanan. Menurutnya mengemudi mobil masa depan tak perlu benar benar melihat ke jalan dan hanya membutuhkan sensor serta kamera.

"Mengemudi mobil masa depan dimana Anda tidak lagi perlu untuk benar-benar melihat jalan dan Anda dapat mengandalkan sensor serta kamera untuk mencapai tujuan," ujar Matthias Böttcher yang merancang Mercedes Benz dikutip dari carscoop.com.

Selain sensor dan kamera, permukaan transparan di bagian atap pun dipasang untuk cahaya masuk dari luar ke dalam kabin. Mobil masa depan Mercedes Benz ini diberi nama SL|PURE. Desain mobil masa depan ini terinspirasi dari mobil klasik Mercedes Benz 300 SL yang diproduksi pada 1950-an. bodi mobil di cat menggunakan warna metalik sehingga terlihat lebih seksi.

4. Float



Rancangan mobil masa depan terus bermunculan. Mahasiswa bernama Chang Liu memiliki konsep mobil masa depan yang cukup unik. Dia membuat kendaraan yang memiliki bentuk bagikan gelembung. Liu memberi nama mobilnya itu Float.

Liu merupakan pemenang lomba desain mobil yang digelar oleh Renault. Dia merancang Float dengan menggaet Central Saint Martin Art College di London, Inggris.

Tak hanya unik, desain mobil Liu menggunakan teknologi Magnetically Levitated (Maglev). Dengan demikian, Float takkan berjalan di aspal, melainkan mengambang.

Float hanya mampu menampung dua orang penumpang. Namun begitu, mobil ini dapat saling tarik menarik antara Float yang lainnya. Dengan kata lain, Float bisa menyatu dengan Float lain sehingga menjadi satu rangkaian.

Pada bagian kabin, mobil masa depan ini tak kalah canggih, sebab tersedia pula aplikasi sebuah telepon pintar yang dapat menjemput penumpang lain.

Kabin mobil ini juga telah dilengkapi sebuah alat kontrol berbentuk sederhana yang dapat digunakan untuk keperluan navigasi dan komunikasi dengan mobil lain.

5. Flesby



Toyoda Gosei akan memperkenalkan mobil masa depan mereka yang dapat menggelembung seperti balon di Ajang Tokyo Motor Show 2015 akhir Oktober. Mobil airbag tersebut diberinama Flesby. Keunikan Flesby dapat menggelembung seperti balon ketika bertabrakan dengan pejalan kaki.

Menurut Laporan es.responsejp, Flesby dapat menggelembung memliki tujuan yaitu untuk mengurangi dampak selama tabrakan atau bisa dikatakan bentuk bulat tersebut mobil jadi lebih nyaman bagi pejalan kaki. Toyoda Gosei sendiri merupakan pabrikan spesialis membuat komponen kendaraan dari karet dan plastik serta LED.

Toyoda Gosei bisa dibilang menjadi pabrikan terdepan dalam pembuatan komponen kendaraan yang aman, nyaman, dan melindungi lingkungan. Selain itu Flesby juga memiliki teknologi berkomunikasi tentang informasi keamanan dijalan kepada orang lain didekatnya dengan menggunakan sinar LED. Flesby merupakan mobil airbag konsep masa depan yang akan dikeluarkan pada tahun 2030 mendatang.