POPULAR STORIES

8 Tahun Lagi, Cuma Mobil Listrik Yang Seliweran Di Norwegia

8 Tahun Lagi, Cuma Mobil Listrik yang Seliweran di  Norwegia

Pemerintah Norwegia sangat berambisi mengurangi emisi kendaraan di negaranya. Segala upaya bakal ditempuh untuk mewujudkan ambisi itu, termasuk hanya akan mengizinkan mobil-mobil bertenaga listrik, hidrogen atau hybrid plug-in saja yang bersileweran di jalanan Norwegia pada tahun 2025. Artinya, delapan tahun lagi Pemerintah Norwegia juga hanya akan mengizinkan mobil-mobil tipe tersebut yang dijual di pasar domestik.

Menurut laporan terbaru dari elbil, otoritas Norwegia mendorong keberadaan kendaraan emisi rendah dan akan terus memberikan insentif baru agar masyarakat mau menggunakan mobil yang semakin ramah lingkungan.

Laman Car Advice juga menyebut bahwa saat ini sudah ada beberapa insentif untuk kendaraan nol emisi, termasuk akses jalur bus, pajak lebih rendah, parkir gratis di kota dan bebas biaya tol atau feri.

Pada 2015, kendaraan listrik menguasai 22% pasar otomotif di Norwegia dan diperkirakan tumbuh menjadi 30% pada 2020. Untuk mewujudkannya, pemerintah negara itu telah meluncurkan progam untuk membiayai pemasangan, setidaknya dua stasiun pengisian daya cepat dalam jarak 50 kilometer pada akhir 2017.

Tahun 2020, Norwegia berharap untuk memiliki satu titik pengisian daya untuk setiap 10 mobil listrik, yang berarti sekitar 25.000 pengisian jika penjualan kendaraan tersebut mencapai 250.000 unit pada akhir dekade ini.