POPULAR STORIES

Begini Cara Membuat Dan Merawat Kopling Mobil Awet

Begini Cara Membuat dan Merawat Kopling Mobil Awet Kopling pada sebuah mobil manual harus dijaga dengan baik kondisinya, karena bila kopling sudah mulai menipis bahkan habis maka performa mobil tidak akan baik. (foto: Istimewa)

Kopling pada sebuah mobil manual harus dijaga dengan baik kondisinya, karena bila kopling sudah mulai menipis bahkan habis maka performa mobil tidak akan baik. Berikut ini cara membuat kopling mobil agar awet:

  • Kaki jangan terlalu sering diletakan diatas pedal kopling saat sedang melaju, ini akan membuat matahari kopling mengalami kehausan tepatnya dibagian cltch cover yang bisa membuat release bearing menjadi cepat rusak.
  • Saat mobil sedang berada dalam posisi melambat atau berhenti di tanjakan karena macet, jangan menggunakan setegah kopling supaya mobil berhenti, sebaiknya mengnggunakan rem tangan. Kalau anda menggunakan setengah kopling umur kanvas komling akan cepat berkurang. Permukaan pressure plate di bagian clutch cover akan terkikis dan lebih cepat haus.
  • Selanutnya saat akan melajukan mobil jangan melepas kopling secara kasar laukanlah dengan halus dan perlahan. Karena kalau melepaskan kopling secara kasar akan merusak permukaan plat kopling dan membuat tidak merata. Naha kalau permukaan kopling tidak rata akan mengakibatkan getaran.

Berikut cara merawat kopling mobil yang benar menurut mekanikmitsubishi.

  • Periksalah secara rutin minyak kopling, apakah terjadi kebocoran atau tidak, periksa bagian master kopling, karena bagian tersebut biasanya sering mengalami kebocoran. Bocornya dikarenakan beban yang ada pada kabin terlalu berat.
  • Anda harus pastikan pedal kopling sudah pas, kopling yang sudah mengalami gangguan akan berat saat ditekan.
  • Bila ada kebocoran oli pada sambungan transmisi segera diganti bagian belakang seal crankshaft, kalau ini dibiarkan terus menerus bisa terjadi kopling selip.

Baca Juga:

Berita Terkait

Berita Terkait