ADR Motorsport: Spesialis Upgrade Mesin City Car hingga Fabrikasi Exhaust

Kipli
Kipli 06 Mar 2018 - 16:25
ADR Motorsport: Spesialis Upgrade Mesin City Car hingga Fabrikasi Exhaust
bengkel ADR Motorsport. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Kabar gembira buat pembesut city car seperti Honda Brio, Honda Jazz, atau Toyota Yaris nih. Soalnya Owner dari Workshop yang satu ini memang punya latar belakang atau bisa dibilang spesialisasi untuk tuning mobil jenis tersebut.

Adalah ADR Motorsport, sebuah workshop yang dipunggawai Andre Rusli telah berdiri sejak 2012. Mobil-mobil yang ditelurkannya pun sudah mengikuti berbagai kelas di ajang drag race mulai dari 18 detik hingga 13 detik!



“Sebenernya ADR emang ditujukan buat bengkel performance aja sih mas dari awal. Jadi, sampai sekarang, kita belum nerima customer untuk general service kayak bengkel umum,” pungkas Andre, panggilan akrabnya.

Kalau untuk pengerjaan sendiri, ADR Motorsport menawarkan pengerjaan porting n polishing, engine swap, instalasi turbocharger, sampai urusan E.C.U dari piggyback Dastek sampai EMS Haltech khususnya buat yang mau modifikasi city car.

Sekitar 20-an mobil sudah merasakan performa ADR Motorsport di lintasan lurus 402 meter dan saat ini rekor yang dipegang masih berada di tangan customer bernama Ricky Hadi yang membesut Honda Jazz GE8 dengan turbocharger dan mencatatkan waktu 13,6 detik.

“Kita masih working on progress sama waktunya, masih akan kita pertajam lagi,” tukas pria berkacamata itu.



Nah, bicara soal biaya, Andre mematok jasa sekaligus item yang bervariatif. “Tergantung mobilnya sih, Cuma kalau misalnya Brio mau swap ke mesin Jazz di kisaran Rp20 juta udah termasuk barang dan jasa,” kata Andre.

Beralih ke instalasi turbocharger, cowok yang doyan hang out bareng komunitas Brio Project Indonesia ini mematok harga mulai dari Rp25 juta untuk jenis IHI turbocharger atau tipe TD04, estimasi yang doi kasih sudah termasuk kit-nya alias tinggal terima beres.



ADR Motorsport juga punya divisi lain yakni ADR Exhaust yang menyusul 2 tahun kemudian, dari situ Andre juga menggeluti fabrikasi perangkat exhaust system mulai dari downpipe, front pipe, sampai ke exhaust system. “Untuk downpipe Honda Jazz, Brio, atau Toyota Yaris harganya Rp1,9 juta kalau header Rp1,4 juta,” bebernya.

Tak cuma kembangkan exhaust buat city car aja nih, ternyata dia juga membuat dan menjual untuk premium car kayak Volkswagen Golf atau BMW yang dibanderol seharga Rp6-7 juta untuk downpipe.

“Gue juga terima fabrikasi intake stainless steel buat city car yang gue jual di kisaran Rp3 jutaan,” imbuhnya. Sedikit teaser nih, mereka bakal ngeluncurin tipe muffler baru pengganti tipe V2 yang rencananya stop produksi, konstruksi desain lumayan berubah dari yang V2, harganya sih kira-kira sama nanti di kisaran Rp1,4 juta,” imbuhnya.

Editor : ballian