POPULAR STORIES

Adu Produk Baru Di IMOS 2016, Seperti Apakah?

Adu Produk Baru di IMOS 2016, Seperti Apakah? Adu Saing di IMOS 2016 (Foto Dok IMOS 2016)

Pada hari pertama Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, lima brand yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) langsung unjuk gigi dengan memperkenalkan produk-produk baru mereka. Seperti Yamaha, Honda, Kawasaki, Suzuki dan TVS.

Bertempat di booth mereka masing-masing, ke-lima brand motor membuka selubung produk-produk motor baru yang memang telah dinantikan oleh konsumen di tanah air.

Kawasaki menghadirkan full line up Ninja Series, Classic Series, Off Road Series, dan Adventure Series. Satu produk yang menjadi hero pada IMOS 2016 adalah Kawasaki Ninja 650, yang memiliki desain lebih sporty. Kawasaki Ninja 650 dibekali mesin 4 tak paralel twin berkapasitas 649 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 68 ps pada 8.000 rpm dan torsi atas 65,7 nm pada 6.500 rpm. Mesin dikombinasikan dengan sistem transmisi enam percepatan manual. Kawasaki Ninja 650 diluncurkan dalam dua varian, tipe black edition dan tipe special edition.

“Kawasaki sudah dikenal sebagai brand premium dengan kehadiran awal Ninja 250R dan segmen ini terus kami perkuat dengan generasi baru Ninja 650 yang didesain langsung oleh Kawasaki Jepang,“ ujar Kazuya Ikebuchi, General Manager Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia.

Selain itu, motor yang masuk kategori kelas premium ini telah didesain dengan standar Euro4 yang artinya, Ninja 650 memiliki gas buang yang bagus. Dengan teknologi gas buang baru tersebut, inefisiensi konsumsi bahan bakar Ninja 650 hanya sekitar 8 persen.

"Satu keunggulan dari Ninja 650 dari yang sebelumnya adalah motor ini dibuat dengan baja yang lebih ringan sehingga bobotnya berkurang 19 kilogram," ungkap Sucipto Wijono, Supervisor Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sementara itu, PT TVS Motor Company Indonesia memajang 6 model motor untuk menyemarakkan ajang Indonesia Motorcycle Show 2016 (IMOS). Salah satu yang paling spektakuler, TVS pamerkan motor konsep Akula 310 dalam event yang bertema “Uncover The Racer In You.” Tema ini sejalan dengan campaign TVS Indonesia selama satu tahun, dengan menampilkan produk yang memiliki DNA Sport yang kuat.

“IMOS 2016 merupakan sarana yang sangat efektif dalam memperkenalkan keunggulan produk dan merek TVS. Kami berharap kehadiran produk TVS akan ditunggu oleh masyarakat Jabodetabek khususnya pecinta otomotif di Indonesia,” ujar V. Thiyagarajan, Presiden Direktur TVS. “Dengan hadirnya Akula 310 di IMOS 2016 dapat turut serta memeriahkan dan menyita perhatian pengunjung dalam ajang pameran bergengsi ini, sekaligus menjadi ajang pembuktian eksistensi TVS di Indonesia.”

Akula 310 merupakan motor sport konsep spektakuler yang menjadi cikal bakal dari sepeda motor sport premium TVS – hasil kerjasaa dengan BMW - dengan kapasitas mesin 300 cc, yang akan diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. TVS juga menampilkan beberapa produk sepeda motor Matic dan Sport diantaranya TVS Dazz, TVS Apache 180, dan produk lansiran teranyar Apache 200, serta motor konsep X-21 dan sepeda motor matik Entor-Q 210.

“Kami yakin dengan kehadiran motor konsep akan memberikan atmosfer yang berbeda dalam ajang IMOS 2016,” jelas Rio Aditya Putra, Deputy Manager Corporate Communication PT TVS Motor Company Indonesia.

PT Astra Honda Motor (AHM) yang mengusung tema [Be Unlimited] pada IMOS 2016. Keragaman produk , teknologi, dan inovasi yang dimiliki oleh Honda berhasil membuat konsumennya menjadi tak terbatas di setiap aspek kehidupannya.

“Melalui The Power of Dreams, kami percaya kekuatan mimpi bisa mewujudkan impian dengan semangat ONE HEART (SATU HATI). Dan mimpi kami adalah mengirimkan pembalap Indonesia berbakat ke MotoGP,” tutur Toshiyuki Inuma, President Director PT Astra Honda Motor. “Mimpi ini kami wujudkan dengan CBR250RR yang siap dikirim ke 2.700 konsumen yang telah inden.”

“Kami juga memperkenalkan CBR1000RR Fireblade untuk pertama kalinya di Indonesia yang menyandang filosofi utama Total Control dan CRF1000L Africa Twin, motor adventure yang akan kami luncurkan semester pertama 2017,” tambah Toshiyuki.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melepas dua model sekaligus untuk bisa bersaing dengan kompetitor, seperti Yamaha R15, dan Honda CBR150R, dengan meluncurkan sepasang GSX-R 150 dan GSX-S 150. Kedua sepeda motor 150 cc ini spesial meluncur di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016 yang disiarkan secara live streaming melalui online, untuk peluncuran perdana di dunia (world premiere).

Suzuki GSX-R 150 sendiri memiliki tampilan racing dengan mesin 150cc DOHC berteknologi fuel injection. Sementara GSX-S 150 tetap pakai jantung pacu serupa, namun gayanya lebih sporty dan ergonomis."Pasar motor sport di Indonesia terus meningkat, itu yang membuat kami memutuskan untuk menghadirkan dua model ini di Indonesia," kata Seiji Itayama, Managing Director 2W PT SIS di JCC, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2016).

"Kebanggaan lain yang kami rasakan adalah Indonesia dipilih sebagai basis produksi kedua model itu, yang kemungkinan juga akan di ekspor ke negara lain," ucap Itayama. Pihaknya bangga karena Indonesia terpilih mengadakan World Premiere, yang membuktikan bahwa prinsipal memandang penting pasar roda dua nasional.

Satu brand besar yang turut memanfaatkan IMOS 2016 untuk meluncurkan produk baru adalah Yamaha. Tak tanggung, Yamaha meluncurkan lima skuter otomatis (skutik) sekaligus, New Mio M3 AKS SSS, New Soul GT AKS SSS, Aerox 155, XMax, serta skutik tiga roda Tricity 155.

Aerox 155, skutik yang disebut sebagai adik NMax dihadirkan sebagai entry level dari skutik 150-an cc Yamaha yang kini baru diisi oleh NMax. Skutik ini telah memiliki mesin Blue Core, Variable Valve Activation (VVA), SSS, Smart Motor Generator (SMG), hingga Smart Key System.

"Yamaha Indonesia mengikuti gaya Yamaha Eropa, yaitu meski belum diproduksi dan dijual, pada saat ada event cukup bergensi, model terbaru diluncurkan terlebih dahulu, baru dijual tahun depan," ujar Mohammad Masykur, Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

"Inden Aerox akan dibuka mulai Desember. Pada November, kami akan melibatkan konsumen secara interaktif untuk menentukan harga Aerox melalui program 'tebak harga'. Barangnya dikirim pada Januari. New Mio M3 AKS SSS dan New Soul GT AKS SSS barangnya sudah tersedia di diler-diler kami," papar Masykur. “Sementara Tricity yang adalah skutik roda tiga, pasarnya cukup kecil, jadi diimpor CBU dari Thailand sebanyak 30 unit sampai akhir tahun ini. Kalau animo besar, kami akan impor lagi."

Baca Juga:

Kawasaki Ninja 650 Tampakan Diri di IMOS 2016
Selama di IMOS 2016 Helm Arai Berikan Spesial Price
PT AHM Boyong Tiga Supersport ke Imos 2016