POPULAR STORIES

Apakah Oli Encer Lebih Baik Bagi Mesin?

Apakah Oli Encer Lebih Baik Bagi Mesin? Apakah Oli Encer Lebih Baik Bagi Mesin? ( Foto : Ist)

Pertanyaannya, apakah oli encer itu lebih baik bagi mesin? Setiap perubahan dari spesifikasi oli tersebut tentu memiliki dampak sendiri-sendiri. Jika menggunakan oli yang lebih encer, dampak baiknya mesin akan lebih mudah berputar. dan performa yang dihasilkan pun bisa lebih cepat tercapai.

Viskositas olie ditentukan oleh lembaga pengawas pelumas (SAE), semakin kecil SAE oli maka oli akan semakin kental.Misalnya, olie SAE 15w-40w lebih kental daripada olie dengan kode SAE 30w-50w.

Namun dampak buruknya, suara mesin akan terdengar lebih berisik.Dan dengan demikian getaran yang dihasilkan juga menjadi lebih terasa. Jika mesin dirasa memiliki performa lebih tinggi, biasanya pengemudi akan senang bermain dengan kecepatan. Akibatnya, umur komponen mesin menjadi lebih pendek.

Sementara jika menggunakan oli yang lebih kental, suara mesin bisa diredam dengan baik, sehingga lebih halus. buruknya, mesin akan menjadi berat berputar sehingga konsumsi bahan bakarpun menjadi lebih boros.

Sebaiknya memang menggunakan standard viskositas (SAE) yang telah ditetapkan oleh pabrikan, dimana hal ini sudah melalui serangkaian uji sebelumnya.Dan gunakan olie yang hanya dibuat untuk mesin diesel, karena saat ini banyak produsen yang mengklaim oli buatannya bisa untuk mesin diesel dan mesin bensin.Kecuali yang menawarkan adalah pabrikan olie yang sudah terkenal/besar, karena mereka biasanya sudah melakukan uji dan penelitian.

Untuk mesin mobil yang sudah berumur, biasanya bengkel menyarankan untuk memakai oli yang lebih kental. Hal ini dikarenakan pada komponen mesin tua bidang geseknya sudah lebih longgar, tidak rapat 100% seperti pada mesin mobil baru. Kenapa demikian? oli yang lebih kental lebih cepat mengisi pada celah gesekan komponen. Semoga informasi yang kabaroto berikan hasil share komunitas Mitsubhisi Kuda ini bisa menjadi pemahaman bro and sis dalam memilih Oli untuk mobil kesayangan.

Baca juga :