POPULAR STORIES

AS Bakal Terapkan Aturan Uji Coba Mobil Otonom Tanpa Sopir

AS Bakal Terapkan Aturan Uji Coba Mobil Otonom Tanpa Sopir Ilustrasi mobil otonom tanpa sopir. Foto: Istimewa

Pemerintah Negara Bagian California mengizinan uji coba mobil berteknologi otonom atau bertenaga listrik di jalan raya umum. Namun, uji coba yang dilakukan itu harus mengikuti aturan baru yang akan diterapkan Departemen Kendaraan Bermotor Amerika Serikat.

Aturan baru dimaksud itu adalah pengujian mobil otonom tanpa sopir. Pengujian mobil cukup dilakukan melalui kontrol operator yang mengendalikan dan memonitor proses uji coba. Meski begitu, pabrikan mobil tetap diwajibkan untuk memenuhi standar keamanan agar bisa lulus uji.

Saat ini, regulasi yang ada di AS dan belum diubah adalah mobil otonom diharuskan dilengkapi dengan kontrol manual konvensional seperti setir dan pedal serta seorang pengendara di dalamnya.

Beberapa produsen mobil memang berencana untuk meluncurkan mobil yang sepenuhnya otonom di tahun 2020-2021. Dan saat ini ada lebih kurang 27 produsen mobil yang sudah mengantongi lisensi uji coba mobil otonom di AS.

Beberapa di antaranya adalah BMW, Tesla, Delphi, Nvidia, Waymo, AutoX, NextEV, dan Faraday Future. Terakhir, Uber juga dikabarkan sedang dalam proses mendapatkan lisensi tersebut.