POPULAR STORIES

Australia Sajikan Petualangan Penuh Tantangan

Australia Sajikan Petualangan Penuh Tantangan Kang JJ berpose di Australia (foto: Ride for Peace)

Bagi Jeffrey Australia telah memberikan kesan tantangan petualangan penting. Negara satu benua ini menyimpan beragam keunikan alam dan budaya yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih untuk pengendara sepeda motor seperti dirinya. Tidak kurang dari 11.500 km, di mana tidak sedikit di antara lintasan itu berpemukaan tanah, dilalui dengan penuh resiko.

Jalur penjelajahan ride for peace (RFP) di Benua Australia yang dijalani Jeffrey nyaris tiga per empat dari rute reli klasik Mobilgas Around Australia Rally pada 1958 (sekitar 16.500km), sebuah kejuaraan balap ekstrim memutari garis pantai Benua Australia searah putaran jarum jam.

Bedanya, Jeffrey tidak menyusuri pesisir pantai menuju Perth, Australia Barat, dan menjelajahi garis pantai di sepanjang Darwin, Teritorial Utara hingga Birsbane di wilayah Queensland. Tapi Jeffrey justru mengambil lintasan beresiko besar ke Alice Spring di Australia Utara dari Adelaide, Australia Selatan hingga menembus Leonora, Australia Barat yang tidak menjadi tahapan Australia Rally.

"Bagian tengah dari benua Australia saya anggap sebagai kawasan penting yang perlu dikunjungi RFP. Alice Spring boleh disebut sebagai titik tengah benua Australia. Di sepanjang perjalanan dari Adelaide ke Alice Spring hingga Leonora saya sempat melalui wilayah-wilayah tidak berpenghuni, atau yang hanya ditempati suku-suku Aborigin. Ini tantangan tersendiri," ungkap pria yang sejak remaja terbiasa menunggang kuda ini.

Selanjutnya: