POPULAR STORIES

Balapan Mobil Tanpa BBM

Balapan Mobil Tanpa BBM Suasana Balap Formula E (Foto: Official FIA)

Kejuaraan balapan mobil baru yang khusus menurunkan mobil-mobil listrik, dikenal dengan Formula E (electric), dimulai tahun lalu di Beijing, Tiongkok, bagian satu (13/9). Dan akan berakhir di London, Inggris (28/6) tahun ini. Kejuaraan ini didukung oleh merek-merek terkenal. Kejuaraan balapan mobil listrik pertama yang diselenggarakan oleh Federasi Olahraga Otomotif Internasional (FIA) ini sedikit berbeda dengan balapan-balapan lainnya.

Balapan  hanya berlangsung kurang dari satu jam dalam setiap gelarannya ini. Direncanakan akan digelar 10 balapan 10 negara berbeda dan baru diikuti oleh 10 tim. Yang memiliki beberapa peraturan yang berbeda, dimana saat ini setiap team dapat mengganti mobil di tengah balapan karena baterai mobil tidak mencukupi untuk keseluruhan balapan. Selain itu, yang membedakan balapan ini dengan balapan lainnya adalah menjelang kejuaraan digelar, penggemar diberi kesempatan menetapkan pembalap favorit pilihan mereka secara online. Tiga pebalap paling populer mendapat tambahan kecepatan lima detik.

Di antara pebalap yang berkompetisi ajang ini adalah putra-putra mantan juara balap Formula Satu, termasuk Alain Prost dan Ayrton Senna, sampai berita ini diturunkan, balapan Formula E ini sudah memasuki putaran kedelapan yang diadakan di German di sirkuit Formula E DHL Berlin ePrix, dan dimenangi oleh D’Ambrosio dari tim Dragon Racing car yang menggunakan mobil berbasis Chevrolete.

Balapan ini nantinya diharapkan oleh FIA dapat membuka lembaran baru bagi olahraga otomotif dan mempromosikan kelangsungan sumber energi.

Team:
1.Amlin Aguri Formula E Team
2.Andretti Formula E
3.Audi Sport ABT
4.Nextev TCR
5.Dragon Racing
6.e.Dams-Renault
7.Mahindra Racing
8.Trulli Formula E racing
9.Venturi Formula Racing
10.Virgin Racing

Baca Juga: