POPULAR STORIES

Ban Dan Pelek Berpengaruh Dengan Kenyamanan Bermotor

Ban dan Pelek Berpengaruh Dengan Kenyamanan Bermotor Dengan pelek dan ban lebar kendaraan akan terasa lebih nyaman (Foto: Ahmad Djainudin/KabarOto)

Kabaroto.com - kaki-kaki pada sepeda motor yang meliputi pelek dan ban sangat berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Fungsi dari pelek dan ban salah satu fokus utama produsen kendaraan dalam memberikan kenyamanan bagi konsumen selama berkendara.

Penggunaan ukuran pelek dan ban memiliki fungsi tersendiri dalam kenyamanan, terlebih lagi dalam kondisi dan kontur jalan yang bermacam macam dan ada di tanah air.

Dengan menggunakan pelek dan ban lebar secara diameter akan membuat putaran semakin ringan. Dan sisi lainnya, pada saat melalui jalan berlubang pengendara tidak akan terlalu merasakan lubang yang di lalui.

Perbedaan pelek antara motor skutik dan motor bebek, ketika melalui lubang yang sama akan memberikan reaksi berbeda, dimana motor skutik lebih terasa goyangannya saat menghantam lubang.

Hal ini diakibatkan karena diameter pelek dan ban lebar membuat kemampuan motor melangkah melewati lubang lebih baik dengan ukuran yang besar.

Dan hal ini yang menjadi alasan mengapa motor trail menggunakan pelek depan lebih besar, yang semata-mata untuk lebih meredam goncangan serta memudahkan arah kemudi motor saat dikendarai.

baca juga: