POPULAR STORIES

Benarkah Keadaan Darurat Minyak Rem Dapat Digantikan Dengan Minuman Bersoda?

Benarkah Keadaan Darurat Minyak Rem Dapat Digantikan dengan Minuman Bersoda? Jika dalam keadaan yang benar-benar darurat, misalnya ditengah hutan dan tidak ada toko sparepart, minyak rem dapat diganti dengan minuman bersoda (Foto: Istimewa)

Kabar yang beredar jika dalam keadaan darurat minyak rem dapat digantikan dengan minuman bersoda. Benarkah?

Bagi pengendara motor dan mobil minyak rem kadang menjadi hal yang tidak terlalu diperhitungkan saat akan melakukan perjalanan. Padahal ini sangat penting dan harus selalu diperhatikan. Karena jika minyak rem habis karena kebutuhan atau bocor bisa berpengaruh pada daya cengkeram. Dan, akan berbahaya bagi keselamatan pengendaranya.

Jika Bro and Sist mengalami hal ini dan dalam posisi yang benar-benar darurat, beberapa montir menganjurkan agar mengganti minyak rem dengan minuman bersoda. Namun ini sifatnya hanya sementara saja, dan segara digantikan dengan minyak rem asli.

Rahmat Motor mengatakan, jika dalam keadaan darurat misalkan di hutan atau daerah yang memang tidak ada bengkel atau toko yang menjual peralatan otomotif, sah saja menggantinya dengan minuman bersoda.

"Secara tehnik itu tidak dianjurkan, tapi kalau darurat boleh digunakan, tapi untuk sementara. Kalau ada bengkel ya langsung buru-buru diganti," terang pria yang telah menjadi montir Rahmat Motor sejak 1993 ini.

Salah satu faktor yang menyebabkan minyak rem cepat habis adalah sell master. Sell master berfungsi untuk menekan rem yang terdiri dari karet rem per logam. Kalau salah satu di antara kedua komponen itu rusak bisa mengakibatkan minyak rem rembes tidak secara kangsung. Jika dibiarkan minyak rem bisa habis.

Faktor lain adalah kanvas rem. Ini menjadi salah satu penyebab sering habisnya minyak rem. Jika kondisi kanvas rem tipis, minyak rem yang ada pada kepala babi akan lebih banyak keluar, karena piston kaliper menekan keluar.

Ketinggian minyak rem di master menyusut karena sering dipakai pada kondisi pengereman yang ekstrim akan membuat kanvas cepat habis dan minyak rem akan menyusut turun, bahkan habis.

Baca Juga: