POPULAR STORIES

Berbahaya Pakai Helm Yang Ada Siku Dan Tonjolan

Berbahaya Pakai Helm yang Ada Siku dan Tonjolan Seorang Polisi mempraktikan pemakaian helm yang baik, klik talinya saat Operasi Simpatik Jaya. (Foto: Antara)

KabarOto Tematik- Helm merupakan alat pelindung kepala untuk pengendara sepeda motor. Wajib hukumnya dipergunakan. Lalu, bagaimanakah pilih pelindung kepala yang baik dan benar itu?

Menurut Harry Suherman, pilihlah helm yang berstatus Standar Nasional Indonesia (SNI). Jangan pilih helm yang abal-abal. Perlu diketahui helm yang ada di Indonesia ini ada dua jenis, full face dan half face. Yang wajib digunakan untuk para pengguna motor adalah yang aman, yakni full face (tertutup wajah).

"Intinya jika memilih helm itu yaitu harus yang aman dan nyaman. Sekarang ini masih saja terlihat di jalan raya, pakai helm yang tiga per empat (model cetok) walaupun terlihat jarang-jarang. Hindari. Karena akan membahayakan tulang rahang dan perlindungan bagian belakang kepala hanyalah setengah," ucap Harry, Owner Cargloss. (Baca: Jangan Lupakan Safety Riding)

Kini, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bentuk helm yang aman? Bagi Harry, bentuk helm wajib bulat, tidak boleh ada siku atau tonjolan di batoknya. Namun bila untuk ventilasi no problem.

"Di sini kami menawarkan helm yang kualitas ujinya sudah terbukti. Sangat aman. Di pabrik Cargloss ini, sebelum disebar keluar, helm-helm tersebut diambil secara acak untuk di uji kekuatannya jika dihantam dengan benda tajam dan berat di lima titik. Yakni, bagian kening (depan helm), atas kepala (bagian atas helm, tepatnya ditengah atas), belakang kepala (belakang helm) dan sisi kiri kanan helm tersebut. Helm tersebut diperbandingkan uji cobanya dengan helm lainnya yang beredar di pasaran. Yang perlu diperhatikan lagi dalam memilih helm adalah beratnya. Satu hingga dua kilogram dengan ketebalan visor dua hingga tiga milimeter agar tidak mudah pecah. Disarankan beli helm yang dua visor," jelas Harry.

Selain itu Harry menambahkan, yang tidak boleh ditepiskan lagi yaitu bahan helm tersebut. Helm yang bagus itu harus keras artinya bukan keras seperti logam tapi terbuat dari bahan plastik berkualitas. Meski helm itu keras pada bagian dalam ada styrofoam sebagai peredam jika terkena benturan.

"Perhatikan juga pemakaian helm yang baik. Klik tali helm yang pas sesuai dengan ukuran dagu," kata Harry. (aku)