POPULAR STORIES

Berikan Kasih Sayang Rantai Motor Anda, Ini Tipsnya

Berikan Kasih Sayang Rantai Motor Anda, Ini Tipsnya Lagi-lagi ketahanan dan awetnya suatu sparepart yang dipakai memang diukur dari penggunaan bahan sparepart yang berkualitas nomor satu dan orisinil. (Foto: Istimewa)

Jangan lupakan rantai motor Anda. Apalagi bagi Anda yang menggunakan motor sebagai kendaraan aktivitas sehari-hari. Berikanlah kasih sayang terhadap rantai motor Anda itu. Seperti apakah kasih sayang tersebut, berikut tips jitu merawat rantai motor.

Mungkin hal yang yang paling buruk adalah rantai motor dapat putus dan rusak. Tentu Anda tidak ingin itu terjadi, bukan?

Ini adalah tips jitu merawat rantai motor Anda agar awet dan tidak merepotkan Anda. Simak tips yang diberikan oleh mekanik Adolinna Motor di Tangsel.

1. Periksalah Rantai Berkala. Memeriksa rantai motor dengan teratur akan menghindarkan Anda dari kerusakan. Bukan hanya sekadar mengendurkan atau mengencangkan, namun mengatur pengunci pin sambungan pada rantai dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.

Jika Anda kerap melewati jalan yang berlubang dan sering melaju dengan kecepatan tinggi, posisi pin akan berpotensi berubah. Sebab beban rantai untuk menarik roda motor semakin berat. Yang ideal adalah mengecek kondisi rantai tiap 1000km sekali. Itu akan mengurangi resiko kerusakan rantai.

2. Membersihkan kotoran

Membersihkan kotoran ini sangat penting, sebab seperti yang dijelaskan sebelumnya. Musim hujan membawa petaka bagi rantai. Sebab hal itu cenderung membuat Anda malas untuk mencuci motor karena beranggapan itu akan percuma jika setelah dicuci ternyata hujan kembali turun.

Jangan disepelekan, sebab rantai merupakan komponen penting pada motor. kebersihannya berbanding lurus dengan kenyamanan yang Anda rasakan. Jika tidak dibersihkan, maka rantai akan berkarat. ‎Bersihkan rantai dengan pembersih yang sudah ada di toko atau bengkel, lalu jangan lupa memberinya pelumas setelah dibersihkan. Sebaiknya melakukan pembersihan ini tiap sebulan sekali.

3. Posisikan Antara Gear Depan dan Belakang.

Letak gear depan dan gear belakang yang kurang sejajar pun bisa mempengaruhi penggunaan rantai motor. Pengaplikasian gear pada motor diharuskan menempel sempurna dan disesuaikannya bosh (karet peredam getar) yang sesuai agar gear dapat menjadi jalur rantai yang baik saat bekerja. Dengan lurusnya posisi antara gear, hal tersebut sangat membantuk ratai untuk bergerak secara benar pada jalurnya, sehingga masa pakainya pun bisa lebih awet. Penambahan bosh besi pasa besi sumbu roda (as roda) bisa dijadikan salah satu cara untuk mensejajarkan posisi kedua gear.

4. Penggunaan Sparepart Orisinil.

Lagi-lagi ketahanan dan awetnya suatu sparepart yang dipakai memang diukur dari penggunaan bahan sparepart yang berkualitas nomor satu dan orisinil. Untuk mendapatkan kepuasan pemakaian memang diharuskan menggunakan sparepart pabrikan yang memang dibuat sesuai dengan motornya.

Baca Juga: