POPULAR STORIES

Berteknologi Injeksi KTM 250 EXC TPI Dan 300 EXC Segera Meluncur

Berteknologi Injeksi KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC Segera Meluncur KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI Enduro (Foto: Istimewa)

Kabaroto.com - Produsen roda dua KTM akhirnya meluncurkan motor 2-tak injeksinya, dengan nama KTM 250 EXC TPI dan 300 EXC TPI Enduro yang keluar di Eropa. Kedua motor ini dilengkapi dengan sistem injeksi yang dirancang unik di kelas motor balap 2-tak dengan berbagai kelebihan masing masing modelnya.

"Tujuan kami adalah menciptakan roda dua Enduro 2-tak yang beda dari yang lain, sekaligus juga mempertahankan nuansa mesin karburator, dengan tetap memanfaatkan teknologi injeksi pada bagian bahan bakar," kata Joachim Sauer, Product Marketing Off-road KTM.

"Ini termasuk Penghapusan kebutuhan untuk bahan bakar pra-campuran atau mengubah pola pengaliran bahan bakar, ini merupakan keuntungan besar bagi pengendara dan pecinta motor 2-tak" tambahnya seperti dikutip dari autoevolution.

Sistem EFI yang dipatenkan menggunakan dua injector ke port transfer silinder, membuat mesin bekerja lebih lancar saat mengurangi konsumsi bahan bakar secara drastis. Kebutuhan untuk bahan bakar pra-campuran atau mengubah pola pengaliran bahan bakar yang merupakan keuntungan besar bagi pengendara off-road.

KTM

Berbagai komponen baru juga telah dikembangkan untuk model ini, termasuk bodi throttle baru dan EMS (Engine Management System), menggunakan Unit Kontrol Elektronik baru (Technical Control Unit) yang terhubung ke sejumlah sensor untuk menentukan waktu pengapian dan injeksi bahan bakar yang sempurna.

Ada juga silinder baru, airbox, pompa minyak, tangki bahan bakar, dan kerangka baja kromoly berteknologi tinggi dengan selang pengisi minyak ke tangki oli di dalam tabung rangka.

Selain teknologi baru, mesin ini memiliki peralatan serial berkualitas tinggi seperti standar E-starter, baterai lithium ion ekstra ringan, rem Brembo yang berkualitas, kopling hidrolik, suspensi WP berkualitas tinggi dan masih banyak lagi.

Belum ada informasi lengkap mengenai harga resmi untuk motor 2-tak injeksi ini, motor ini baru akan tersedia di Eropa mulai bulan Juni.

baca juga: