POPULAR STORIES

Bus Murah, Bayar Rp1.500, Bisa Jelajahi Bandung

Bus Murah, Bayar Rp1.500, Bisa Jelajahi Bandung Trans Bandung Raya yang merupakan sarana bus murah di kota Bandung, Jawa Barat (Foto: Istimewa)

Kemarin, Jumat (26/6) Pemerintahan Kota Bandung bersama Kementerian Perhubungan resmi mengoperasikan angkutan massal. Bayangkan Bro and Sist dapat naik bus murah di Bandung, cukup bayar Rp1.500 hingga Rp3.000 bisa keliling kota Parahyangan tersebut.

Iya, mereka menamakan angkutan massal tersebut dengan sebutan Trans Bandung Raya. Trans Bandung Raya akan melayani kebutuhan transportasi warga ke berbagai tujuan di Kota Parahyangan tersebut. Trans Bandung Raya merupakan sumbangan armada bus rapid transit dari Kementerian Perhubungan tahun 2014 sebanyak 15 unit. Bus ini juga sudah diperlengkapi dengan AC dan jumlah kursi yang lebih padat, banyak.

Alasannya, keberadaan bus ini sebagai perencanaan pemerintah Kota Bandung untuk meminimalkan kemacetan, dengan mengubah kebiasaan warga Bandung untuk menggunakan angkutan massal.

"Ini sesuai dengan program pemerintah yang akan membeli seribu bus untuk diberikan ke kota-kota besar di Indonesia, untuk mengurangi kemacetan," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Djoko Sasono di Bandung kepada wartawan.

Trans Bandung Raya merupakan angkutan yang sangat penting. Ia pun berharap dengan hadirnya bus ini, minat warga untuk menggunakan transportasi massal makin bertambah dan makin dicintai.

Lalu, bagaimana dengan shelter bus itu? Pemerintah Kota Bandung telah menyediakan 16 halte. Dan akan diperbanyak dikemudian hari.

Baca Juga: