POPULAR STORIES

Busi Bisa Mendeteksi Kendala Pada Motor Karburator

Busi Bisa Mendeteksi Kendala Pada Motor Karburator Busi juga bisa menandakan kondisi motor anda.

Busi berfungsi sebagai pengapian pada mesin kendaraan bermotor. Dan ternyata busi juga bisa menandakan kondisi motor anda. Salah satu yang termudah adalah saat busi dilepas biasanya pangkal busi kotor berwarna hitam atau kecokelatan. Bahkan bersih tidak ada warna.

Yang perlu diketahui, jika busi berwarna hitam basah bercampur dengan oli ada kemungkinan kebocoran di bagian seher dan klep. Namun jika warna hitamnya kering kemungkinan besar itu terjadi karena bensin terlalu boros. Demikian dikatakan Efendi mekanik dii kampung kandang, Jakarta Selatan.

Nah jika busi bersih tidak berwarna bukan berarti tidak ada masalah pada motor anda, karena busi yang bersih justru campuran udara pada ruang pembakaran terlalu banyak daripada bensin. Kalau mesin normal itu pangkal busi biasanya berwarna cokelat, antara udara dan bahanbakar pencampurannya bagus itu," terangnya.

Namun cara itu hanya untuk motor yang masih menggunakan karburator untuk motor injeksi asupan udara dan bensin sudah diatur secara elektronik oleh electronic control unit (ECU).

Baca Juga: