POPULAR STORIES

Cara Mengemudi Eco Driving Bisa Irit BBM, Ini Caranya

Cara Mengemudi Eco Driving Bisa Irit BBM, Ini Caranya Salah satu faktor penting yang mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar adalah cara mengemudi, atau biasa disebut dengan eco driving. (foto: Istimewa)

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar adalah cara mengemudi, atau biasa disebut dengan eco driving. Eco Driving ini bisa mengefisiensikan bahan bakar dan juga berpengaruh terhadap berkurangnya tingkat polusi udara dari kendaraan. Eco Driving mengurangi risiko dan tingkat kecelakaan.

Eco driving adalah teknik mengemudidengan menggunakan prinsip-prinsip dasar defensive driving dan safety driving. Tapi tujuan utamanya, berkendara dengan efisien, hemat BBM serta mengurangi tingkat polusi udara.Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk melakukan eco driving, diantaranya.

1. Pergantian Gigi yang sesuai dengan RPM. Pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secapat mungkin. Untuk mesin bensin biasanya putaran ideal untuk mengganti persneling sebelum 2.500 rpm. Sementara diesel, Anda harus megoper gigi sebelum 2.000 rpm.

2. Pertahankan kecepatan pada putaran ideal atau ekonomis. Efisien bukan berarti mengemudi pelan. Kapasitas mesin yang berbeda, punya tingkat konsumsi yang berbeda. Mesin berkapasitas 1000 cc dan 3000 cc, pada kecepatan yang sama, tingkat konsumsi BBM-nya pasti berbeda. Makin dalam menginjak gas, makin besar konsumsinya.

3. Smooth Driving. Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu. Kalaupun harus mengemudi secara ‘stop and go’ karena macet, lakukan dengan smooth. Injak rem dan gas dengan halus. Hindari model dadakan, gas pol dan rem pol.

4. Teknik dalam melintasi tikungan, dalam melakukan hal ini Anda tidak perlu menambah daya dorong kendaraan. Cukup manfaatkan sisa tenaga sebelum berbelok. Ketika sudah berbelok, baru kecepatan mobil ditambah.

5. Tanjakan Turunan. Ketika dalam posisi tanjakan dan turunan. Dalam situasi ini, sebagai pengemudi, hal yang harus Anda lakukan adalah menjaga kecepatan secara konstan agar putaran mesin (RPM) tidak terlalu tinggi. Adapun cara tambahan dalam eco driving ini adalah langsung mematikan mesin ketika Anda sudah sampai tujuan.

Baca Juga:

Berita Terkait

Berita Terkait