POPULAR STORIES

Cara Mengenali BPKB Asli Atau Palsu

Cara Mengenali BPKB Asli atau Palsu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) (KabarOto)

KabarOto.com - Kendaraan bermotor pastinya memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Namun terkadang bagi kita pemilik kendaraan bermotor tidak mempedulikan bentuk dari STNK dan BOKB. ternyata banyak kejadian beberapa oknum yang memalsukan kedua surat berharga tersebut.

Baca Juga:

Untuk menghindari hal tersebut, TMC Polda Metro Jaya melalui website resminya merilis sejumlah cara untuk mengenali mana BPKB yang asli.

Berikut ini cara mengenali BPKB kendaraan asli dari kepolisian.

Cover BPKB asli lebih mengkilap daripada yang palsu. Hologram dari BPKB asli tak akan berubah warna dan tetap terlihat berwarna silver jika disorotkan ke sinar, sementara yang palsu akan memancar dengan warna kuning.

Adanya nomor di bawah bagian hologram, dimaksudkan untuk mengategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisili. Namun sejumlah nomor tak akan bisa dideteksi pembacaannya karena memang bersifat rahasia yang hanya di milik Korlantas.

Pada bagian identitas pemilik, yang palsu acapkali ditemukan dalam kondisi seperti dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus. Pada halaman ke-14 ada logo Korlantas yang muncul hanya jika disinari menggunakan ultraviolet. Selain itu, kertasnya juga bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.

Berita Terkait

Berita Terkait