POPULAR STORIES

Cara Mengetahui Rantai Dan Gear Motor Sudah Haus

Cara Mengetahui Rantai dan Gear Motor Sudah Haus Rantai dan Gear motor harus dilakukan perawatan secara rutin agar tidak mudah haus.

kabaroto.com - Rantai dan Gear merupakan bagian yang sangat penting pada sepeda motor jenis bebek dan sport. Fungsi untuk menggerakan roda dari mesin merupakan fungsi utamanya. namuan banyak pemilik motor bebek dan sport yang tidak memperhatikan keberadaan gear serta rantainya. Sehingga membuat fungsi motor menjadi berkurang. Karena jika rantai dan gear bermasalah makan bisa jadi hal-hal yang tidak diinginkan akan anda hadapai saat berada di jalan raya. Bahkan secara tiba-tiba rantai bisa putus atau lepas dari gear saat anda mengemudi dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Kali ini kabaroto.com akan memberikan ciri-ciri rantai dan gear motor bebek dan sport yang sudah rusak:

Biasanya motor yang rantai dan gearnya mengalami gangguan muncul bunyi. Suara rantai menjadi kasar dan muncul bunyi kretek-kretek atau gradak-gradak. Ini terjadi karena gear sudah haus atau rantai sudah mulai mengendur. Kondisi ini juga bisa terjadi karena pemasangan rantai tidak benar atau tidak singkron antara kanan dan kiri pada penyetelannya.

Kemudian Tarikan motor menjadi berat dan terkadang bisa loncat-loncat. Ini terjadi karena ada sedikit perbedaan putaran antara gear depan dan gear belakang sehingga membuat putaran roda belakang menjadi menurun. Motor terkadang suka loncat-loncat saat dijalan karena itu terjadi setelah gear dan rantai sudah berubah sudah tidak sejalan lagi antara gear dan rantai.