POPULAR STORIES

Cara Mengisi Cairan Radiator Cooland Pada Kendaraan Bermotor

Cara Mengisi Cairan Radiator Cooland Pada Kendaraan Bermotor salah satu produk cairan radiator coolant (foto:Ahmad Djainudin/KabarOto)

Kendaraan bermotor dengan cc diatas 150 biasanya menggunakan radiator untuk mendinginkan mesin kendaraan, dengan menggunakan radiator kendaraan akan menjadi stabil saat di gunakan. Fungsi radiator kurang efektif bila hanya menggunakan air biasa saja, saat ini banyak beredar merek cairan radiator untuk membantu cara kerja radiator mendinginkan mesin. Cairan radiator atau yang di sebut radiator coolant cukup membantu fungsi kerja dari radiator itu sendiri, dengan adanya tambahan senyawa untuk mendinginkan mesin.

Radiator coolant merupakan cairan untuk mencegah dan melindungi dari pembentukan karat, pengendapan karat dan membuat lapisan pelindung pada bagian sistem pendingin mesin yang terbuat dari logam atau aluminium. Radiator coolant merupakan cairan khusus yang berguna untuk menstabilkan suhu mesin kendaraan.

Mungkin Anda sudah mengerti bagaimana cara menggunakan cairan radiator coolant pada radiator kendaraan, tetapi tidak salah juga untuk mengikuti beberapa petunjuk dibawah ini, dan biasakan mengganti cairan radiator coolant setiap tahunnya, untuk menghasilkan kondisi mesin tetap awet terawat dan terhindar dari resiko panas mesin yang berlebihan.

Berikut beberapa cara mudah dan baik saat mengisi cairan radiator coolant.

. Hindari membuka tutup radiator di saat keadaan mesin panas.
. Pembuangan, buang air radiator kendaraan agar karak dan kerak yang berada pada radiator menjadi bersih.
. Pembilasan, bilas radiator dengan cara mengisi cairan radiator coolant pada radiator flush dengan di tambah air bersih (saluran pembuangan tertutup), hidupkan mesin selama beberapa menit. Buang kembali agar karak dan kerak terbuang keluar, dan lakukan cara ini selama beberapa kali sesuai keinginan, hingga radiator dianggap sudah bersih dari karak dan kerak.
. Pengisian, isi radiator dengan cairan radiator coolant, cek kembali isi air radiator, jika masih dianggap kurang tambahkan kembali cairan radiator coolant hingga di rasa cukup.

Itulah beberapa cara menggunakan cairan radiator coolant, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

baca juga: