POPULAR STORIES

Cara Merawat Velg Mobil Agar Terlihat Kinclong

Cara Merawat Velg Mobil agar Terlihat Kinclong Velg Mobil (Foto: Istimewa)

Banyak model yang dipersembahkan untuk velg mobil. Harganya pun berbagai macam. Yang menjadi permasalahan di sini adalah bagaimanakah cara merawat velg mobil terlihat kinclong?

Velg mobil bersih dan mengkilap inilah yang diharapkan oleh si pemilik kendaraan. Namun untuk membersihkannya pun bukanlah hal yang mudah. Apalagi balutan ban tersebut bentuknya jari-jari. Yang memiliki kesulitan untuk dijangkau tangan. Nah, bagaimanakah perawatannya tersebut?

Adi Velg yang mempunyai showroom di wilayah Sawangan, Jawa Barat membagi kisi-kisi cara merawat velg. Pertama, apabila Bro and Sist baru memarkirkan kendaraannya, janganlah buru-buru untuk mencucinya. Kenapa velg yang panas tersebut akan menimbulkan jamur bila disiram dengan air. Jadinya, bersabar sedikit, tunggu velg dingin.

Langkah selanjutnya adalah bersihkan ruangan di bagian dalam fender agar kotoran yang berada di dalam fender tidak jatuh dan menempel pada velg mobil. Kemudian, velg mobil yang harus dibersihkan. Stepnya yaitu usai velg disiram, bersihkan velg dengan shampo. Bila Bro and Sist mempunyai velg warna krom, sebaiknya menggunakan shampo khusus velg krom. Tujuannya untuk menghindari resiko terjadinya pengelupasan cat pada velg mobil.

Berikutnya yaitu persiapkan kuas untuk membersihkan sudut-sudut velg mobil yang sulit dijangkau. Atau bisa juga pergunakan sikat gigi. Apabila masih terdapat noda atau kotoran yang menempel di velg mobil, maka sebaiknya basahi dulu velg kemudian diamkan beberapa saat, kemudian velg bersihkan lagi sampai semua noda pada velg menghilang (bersih). Lalu, bagaimana apabila terdapat bercak-bercak aspal yang menempel pada velg?

Noda tersebut tidak akan hilang bila dibersihkan dengan shampo. Tetapi harus menggunakan sedikit bensin atau minyak tanah. Selanjutnya, bersihkan velg dengan menggunakan bantuan kompon agar sisa-sisa dari bensin tidak meninggalkan noda pada velg.

Setelah semuanya selesai dijalani, tahap terakhir yang harus Bro and Sist lakoni adalah keringkan velg tersebut dengan lap khusus mobil.

Catatan tersendiri untuk mobil yang menggunakan velg krom, sebaiknya usai dibersihkan taburilah bedak. Kemudian gosok dengan menggunakan lap bersih. Atau bisa juga menggunakan wax khusus warna krom.

Baca Juga: