POPULAR STORIES

Cara Mudah Menjupmer Aki Mobil Yang Aman

Cara Mudah Menjupmer Aki Mobil Yang Aman

Jika anda mengalami aki mobil tekor dan membuat mobil anda tidak bisa di stater, maka untuk pilihan darurat adalah menjumper aki tersebut dengan aki mobil lainnya. Nah kali ini Legoso aki akan memberikan cara menjumper aki mobil anda dengan mobil lain adalah dengan cara:

  • Yang anda harus siapkan pertama adalah siapkan kabel jumper catok yang ukurannya agak besar dengan diameter 10mm dengan warna merah dan hitam. Kabel besar ini agar tidak panas saat arus listrik yang dihasilkan besar saat di stater. Karena saat distater arus listrik bisa mencapai 120 ampere.
  • Kemudian dekatkan mobil anda yang tidak bisa distater dengan mobil lain yang akinya normal, pastikan jaraknya pas dengan ukuran kabel jumper.
  • Selanjutnya pasang kabel catok yang berwarna merah pada aki positif dan kabel catok warna hitam di aki negatif pada kedua aki mobil yang akan di jumper, jangan sampai terbalik posisi dari kabel tersebut.
  • Setelah itu anda harus menunggu beberapa saat sebelum menstater sampai ada setrum pada aki mobiltelah tekor tersebut. Kemudian stater mobil anda.
  • Kemudian setelah mobil sudah hidup lepas kabel tersebut perlahan satu persatu antara dua aki tersebut. jangan terjadi sentuhan kabel plus dan minus.
  • Setelah itu periksa panel aki yang ada pada panel speedometer, jika lampu aki tidak terlihat maka sistem pengisian aki tadi berhasil dengan baik. Tapi jika lampu aki hidup saat mesin mobil hidup, berarti ada gangguan pada alternator dan yang tadi di jumper tidak terisi setrum dengan baik dari dynamo cas.

Baca Juga: