POPULAR STORIES

Cara Mudah Merawat Keadaan Rem Pada Kendaraan

Cara Mudah Merawat Keadaan Rem Pada Kendaraan Periksa dengan cermat keadaan rem pada kendaraan bermotor (Foto: Ahmad Djainudin/KabarOto)

Rem merupakan bagian terpenting pada sebuah kendaraan bermotor. Dengan fungsinya yang penting ini Anda dapat terhindar dari kecelakaan, karena kecelakaan dapat terjadi bila rem mengalami kerusakan.

Oleh karenanya sebagai pemilik dan pengguna kendaraan bermotor, sebaiknya selalu memperhatikan kinerja rem agar selalu berfungsi baik dan maksimal. Seperti yang di ungkapkan oleh Irfan pemilik bengkel Fans Variasi yang sering mengoprek kendaraan roda dua.

"Ada enam hal yang harus selalu diperhatikan agar rem bekerja secara optimal dan maksimal. Menjaga rem agar bekerja secara optimal dan maksimal itu sebenarnya mudah, sebagai pengguna dan pemilik kendaraan sudah seharusnya kita lebih teliti,” ungkapnya.

Rem
Cakram dan piston pada rem menjadi komponen penting dalam pengereman (Foto: Ahmad Djainudin/KabarOto)

Dan enam hal yang harus di perhatikan oleh pengguna kendaraan bermotor pada bagian rem, coba cermati dibawah ini.

1. Selalu perhatikan jangka waktu perawatan. Perhatikan apakah rem sudah berbunyi atau pijakan pada rem terasa lebih dalam. Karena rem yang sudah berbunyi merupakan tanda bila daya kerjanya sudah berkurang (kanpas rem sudah haus/habis).
2. Apabila rem terasa keras biasanya disebabkan rumah rem kotor. Lebih baik dibersihkan agar kembali optimal dan berfungsi maksimal.
3. Jangan beri pelumas pada rumah rem, karena itu bisa mengurangi sistem kerja rem.
4. Selalu cek dengan teliti minyak rem. Jika berkurang, rem tidak akan maksimal lagi (cek keadaan minyak rem pada tabung minyak rem).
5. Perhatikan juga cakram pada motor, apabila sudah mengeluarkan suara sebaiknya segera diganti (cek apakah piringannya sudah habis atau mengalami kebengkokan).
6. Rajinlah mengecek piston dan seal piston, dan apabila sudah haus, segeralah ganti.

baca juga: