POPULAR STORIES

Cara Mudah Pasang Kanvas Rem

Cara Mudah Pasang Kanvas Rem Cara mudah pasang kanvas rem (Foto:kabarOto)

Kabaroto.com - Bro n Sist para bikers, terkadang kita malas untuk memperbaiki berbagai kekurangan kenyamanan dalam berkendara. Seperti halnya saat kanvas motor kita sudah habis atau haus, sebenarnya mengganti kanvas rem sangatlah mudah dan dapat kita kerjakan sendiri, berikut ini cara mudah pasang kanvas rem sendiri.

1. Lepaskan pin plug, pin hanger, baut baut yang melekat di caliper pada fork, body caliper bracket serta pad set, yang akan di ganti dari body caliper. Pastikan bush dan pin bolt boot tidak bocor/robek dan berikan grease pada saat pemasangan kembali.

2. Bersihkan piston caliper sebelum penggantian pad set dengan menggunakan kain/lap, bukan dengan amplas. Bila menggunakan amplas akan mengakibatkan piston caliper akan terhambat/tidak dapat kembali ke posisi semula dengan baik.

3. Bersihkan piringan cakram dengan menggunakan lap bersih agar bebas dari kotoran.

4. Untuk mencegah pad set seret terhadap piringan cakram, buang gelembung udara pada sistem hidraulik dengan menggunakan brake bleeder, apabila brake bleeder tidak tersedia, buang gelembung udara dengan cara:
. Tarik dan tahan handle rem, kemudian buka tutup pembuangan screw bleeder.
. Jangan lepas handle rem sebelum katup pembuangan ditutup kembali.
. Ulangi langkah langkah diatas hingga gelembung udara habis.