POPULAR STORIES

Cara Sederhana Merawat Rantai Motor

Cara Sederhana Merawat Rantai Motor Rantai motor kering akan mempercepat proses pengausan.(kabarOto/ian)

KabarOto.com - Musim penghujan seperti sekarang ini, ternyata mempengaruhi kondisi rantai dan gir motor. Bila tak dirawat baik, dua komponen tersebut akan cepat aus. Ujung-ujungnya Anda harus merogoh kantong lebih cepat dari jadwal penggantian komponen.

Karena itu, sebaiknya rawat rantai dan gir motor Anda, khususnya saat musim penghujan maupun kala motor usai dicuci. Air, baik berasal dari hujan maupun cucian motor, akan menggerus minyak rantai (chain lube) yang membaluri mata rantai maupun gir.

Baca Juga: Cara Sederhana Merawat Motor Trail

Jika minyak rantai tergerus, itu artinya rantai sudah tidak memiliki pelumas lagi. Karena itu, Anda harus kembali membaluri rantai dengan minyak rantai, bukan oli bekas seperti kebanyakan digunakan orang.

Kepala Mekanik Kawasaki Sinar Gemilang Motor, Sarwono, kepada KabarOto.com, Kamis (22/2/2018) menjelaskan, ada plus minus bila menggunakan oli bekas maupun chain lube. Tapi, dari kedua pelumas itu tentu yang terbaik adalah minyak yang khusus untuk rantai.

Hanya saja, bila menggunakan chain lube yang memang dikhususkan untuk minyak rantai, kata Sarwono, pelumas akan cepat hilang bila terkena air, baik dari hujan maupun dari cucian motor. Namun, rantai terlihat bersih, serta tidak mengeluarkan suara brisik.

Sedangkan bila menggunakan oli bekas, pelumas di rantai memang lebih tahan lama. Hanya saja, biasanya nyiprat ke sana-sini sehingga kotor, bahkan debu menempel di rantai.

Saat oli bercampur debu, kata Sarwono, rantai maupun gir akan cepat aus saat kedua komponen itu bekerja. Sebab, debu-debu yang menempel di rantai itu menjadi semacam benda yang mempercepat proses pengausan.

Karena itu, gunakan chain lube untuk melumasi rantai dan gir motor Anda, setidaknya setiap 3 hari, atau setiap kali usai mencuci motor maupun setelah motor terkena hujan.

Berita Terkait

Berita Terkait