POPULAR STORIES

Catat, Ini Yang Harus Dicek Sebelum Mudik Pakai Mobil

Catat, Ini yang Harus Dicek Sebelum Mudik Pakai Mobil pengguna mobil baru ataupun bekas harus memperhatikan beberapa hal yang mutlak yakni mesin, oli mesin, pendinginan, sistem rem, dan aki (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Kegiatan mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi di Indonesia di masa libur Lebaran. Tak sedikit orang yang dari luar daerah akan pulang kampung dengan menggunakan mobil, meskipun jarak yang ditempuh harus memakan waktu yang lama.

Jika hendak menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda wajib melakukan pengecekan kondisi mobil. Entah mobil baru atau bekas, ada beberapa hal yang tak boleh luput dari perhatian pemilik mobil.

Chief Mechanic Nusantara Motor, Nirawansyah, mengatakan bahwa pengguna mobil baru ataupun bekas harus memperhatikan beberapa hal yang mutlak yakni mesin, oli mesin, pendinginan, sistem rem dan aki.

Baca Juga: Hindari Bahaya Saat Musim Hujan, Cek Kendaraan Dulu

1. Segera Lakukan Servis Berkala

Hal yang pertama dilakukan ialah melihat terlebih dulu angka kilometer kendaraan. "Kalau kilometernya masuk periode servis berkala, sebaiknya dilakukan saja. Dalam servis berkala itu dilakukan pengecekan mesin, itu utama karena persiapan untuk jarak jauh," kata pria asal Lampung ini.

Hal ini sudah termasuk pengecekan dan penggantian oli mesin, baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. "Apakah cukup dan kondisinya bagaimana. Kalau olinya kurang, apa kurangnya normal atau tidak. Ada bocor enggak, dan kualitas olinya bagaimana. Komponen lain juga dilakukan penyetelan, pembersihan, dan lain sebagainya," jabarnya.

2. Sistem Pengereman

Sistem pengereman juga dicek karena termasuk kebutuhan utama dan vital untuk keselamatan.

"Untuk keamanan dalam perjalanan jauh, akan diperiksa apakah ketebalan kampas remnya masih memadai untuk perjalanan jauh atau tidak," kata Nirwan, sapaan akrabnya.

Dalam hal ini, perlu dilakukan pembersihan dan penyetelan supaya sistem rem berfungsi dengan baik.

3. Kaki-kaki

Hal berikutnya yang harus menjadi perhatian yakni kaki-kaki.

"Kaki-kaki kendaraan juga dicek guna memastikan kenyamanan. Setel pengencangan di bawah kendaraan. Kalau kilometer sudah masuk lebih baik dilakukan servis berkala agar lebih menghemat biaya, daripada melakukan servis terpisah-pisah," ujarnya.

4. Aki

Hal yang terakhir yakni baterai atau aki. Aki bisa dicek dengan battery checker untuk mengetahui kondisi baterainya sudah berapa persen.

"Dalam pengecekan ini ada tiga hal yang dilihat apakah status baterai itu reboot, replace atau recharge. Bagaimana kondisinya harus dipastikan," ujarnya.

Menurut pria 2 anak itu, jika statusnya harus di-recharge, maka harus diisi dulu karena untuk perjalanan jauh.

"Nanti kalau dalam perjalanan macet dan berhenti, takutnya accu-nya bermasalah bisa mogok ditengah jalan dan itu sangat merepotkan," tutupnya.