POPULAR STORIES

Cuci Mesin Mobil Jangan Sembarangan, Ikuti Langkah Berikut

Cuci Mesin Mobil Jangan Sembarangan, Ikuti Langkah Berikut Membersihkan mesin harus hati-hati (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Biasanya waktu melakukan pencucian mobil, orang hanya membersihkan bagian luar saja. Alhasil, mesin mobil luput dari perhatian dan tidak ikut dibersihkan. Membersihkan mesin dengan bodi mobil tentu sama sekali berbeda. Dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra agar tidak menimbulkan kerusakan pada bagian mesin.

Perlu diketahui, di dalam mesin terdapat bagian-bagian dari perangkat elektronik yang tidak boleh tersentuh air. Meski telah dilengkapi dengan sil karet agar tidak kemasukan air, namun nyatanya sil karet tersebut masih bisa lepas dan rusak terutama jika mesin telah lama kotor.

Baca Juga: Penyebab Mobil Susah Distarter saat Mesin Dingin

Anda memerlukan tips- tips tertentu agar tidak membuat mesin menjadi rusak. Berikut tips yang akan diberikan Widodo, Team Leader dari CarSpa, Jakarta Selatan.

1. Lakukan persiapan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menjaga keadaan mesin mobil dalam kondisi hangat. Jika memang mesin mobil masih dingin, ada baiknya anda memanasinya terlebih dahulu.

“Mesin mobil yang hangat, dapat mempermudah pelepasan kerak pada mesin, sehingga acara bersih-bersih pun menjadi lebih mudah dilakukan,” ujar Dodo, sapaan akrabnya.

2. Gunakan plastik untuk membungkus bagian mesin yang bersifat elektrik

Setelah mobil dipanaskan, ada baiknya menggunakan alumunium foil ataupun benda lain untuk membungkus perangkat elektrik pada mesin. Hal ini dilakukan supaya perangkat elektrik tersebut tidak kemasukan air, ketika proses pencucian tengah berlangsung.

3. Proses mencuci mesin

Setelah proses di atas selesai dilakukan, anda bisa bersiap dalam memulai pencucian. Bagian pertama yang sebaiknya dibersihkan adalah pada kap mobil di bagian bawah. Gunakan air untuk melakukan penyemprotan. Namun ingat sebaiknya hindari menggunakan air dengan tekanan tinggi.

Dalam membersihkan bagian bawah kap mobil, bisa menggunakan sabun colek. Bukan tanpa alasan, namun jenis sabun ini merupakan sabun yang dapat membuat lemak serta oli larut dan menghilang.

Jangan lupa gunakan juga sikat yang agak kasar untuk menggosok kotoran yang menempel.

Lanjutkan dengan menyiram kap dengan air bersih. Hal penting yang harus anda perhatikan adalah tidak meninggalkan air sabun kering dengan sendirinya.

Karena jika dilakukan, air sabun tersebut akan menimbulkan bekas pada mobil.

4. Cara membersihkan mesin mobil

Proses yang selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian mesin mobil. Gunakan air bersih untuk menyiram bagian mesinnya.

Ingat untuk tidak menggunakan air bertekanan tinggi, karena dapat menimbulkan kerusakan pada mesin. Cukup gunakan slang air atau bisa pula memanfaatkan botol spray dalam menyemprot.

“Untuk membersihkan kotoran mobil yang menempel, anda bisa menggunakan spon atau kuas. Jika ada kerak oli, anda bisa melarutkannya dengan cairan khusus yang kini telah banyak di jual di pasaran,” ujarnya.

Berbeda saat membersihkan bagian mobil yang lain, membersihkan mesin harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian supaya tidak menimbulkan kerusakan mesin yang fatal seperti korsleting. Selamat mencoba!