POPULAR STORIES

Cullinan, Wujud SUV Mewah Milik Rolls-Royce

Cullinan, Wujud SUV Mewah Milik Rolls-Royce Cullinan (Foto: Rolls-Royce)

KabarOto.com - Tidak lama lagi Rolls-Royce akan meluncurkan mobil terbarunya di segmen SUV dengan nama Cullinan. Cullinan sendiri dikembangkan dari satu platform alumunium terbaru milik Rolls-Royce Phantom 2018.

Namun dibandingkan dengan Phantom, SUV ini memiliki atap yang lebih tinggi sehingga menawarkan volume kabin dan bagasi yang lebih besar dibandingkan Phantom. Namun lucunya, produsen mobil mewah asal Inggris itu menolak jika Cullinan disebut SUV. Mereka ingin produk mobil terbarunya itu disebut "High-sided Vehicle".

Baca Juga: Ghost Black Badge, Mobil Gahar Hitam Terbaru Rolls-Royce

Cullinan sendiri diambil dari nama berlian terbesar di dunia yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada 1905. Saat ini kepemilikan perhiasan mewah itu dipegang oleh Ratu Elizabeth II.

"Cullinan merupakan nama paling tepat untuk produk baru kami yang sangat luar biasa. Cullinan merupakan kendaraan bermotor yang memiliki tujuan jelas, kualitas dan keberuntungan yang sempurna," ucap Rolls-Royce CEO, Torsten Müller-Ötvös dikutip Carmagazine, Rabu (28/2/2018).

Baca Juga: Rolls Royce Ghost Berlapis Emas Dibayar dengan Bitcoin

Untuk urusan dapur pacu, Cullinan akan mengadopsi mesin milik Phantom yakni V-12, twin-turbocharged berkapasitas 6.750 cc yang dihubungkan ke transmisi otomatis 8-percepatan. Dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 563 dk dan torsi 664 Nm.

Hal itu sendiri sudah dibuktikan oleh Rolls-Royce dengan menguji daya tahan Cullinan ke berbagai lokasi di seluruh dunia, seperti di antaranya gurun Afrika, ngarai Amerika Utara dan Arctic (Kutub Utara).