POPULAR STORIES

Daihatsu Kini Resmi Milik Toyota

Daihatsu Kini Resmi Milik Toyota Perusahaan otomotif Daihatsu kini telah sepenuhnya diakuisisi oleh Toyota, dan menjadi milik Toyota. (Foto: Istimewa)

Daihatsu kini resmi sepenuhnya menjadi milik Toyota. Kedua perusahaan otomotif tersebut sepakat untuk dapat fokus pada kompetisi di industri otomotif, setelah sebelumnya Toyota memiliki 51% saham Daihatsu. Toyota kemudian mengakuisisi total saham Daihatsu dengan cara menukar saham Daihatsu (equity swap). Saham Daihatsu dihargai sebanyak 0,26 dari harga saham Toyota.

Presiden Daihatsu Motor Company, Masanori Mitsui mengatakan, hubungan antara Daihatsu dan Toyota telah memasuki babak baru. Karena, Daihatsu sudah sepenuhnya diakuisisi Toyota.

Dia menyampaikan jika hubungan antara Daihatsu dan Toyota saat ini telah memasuki babak baru. "Seperti yang Anda ketahui, per 1 Agustus 2016, Daihatsu sepenuhnya menjadi anak perusahaan Toyota Motor Corporation (TMC). Hal ini berarti hubungan antara Daihatsu dan Toyota telah memasuki babak baru," ujar Mitsui dikutip dari detikoto pada peluncuran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di Karawang, Jawa Barat.

Sebelumnya Kedua perusahaan tersebut mulai membangun aliansi sejak 1967, pada 1998, Toyota menguasai saham pengendali Daihatsu. Sejak 2004, kedua perusahaan bekerja sama dalam riset dan pengembangan kendaraan.

Dua perusahaan asal negeri sakura ini sepakat akan menjadikan segmen mobil kecil sebagai senjata utama sebagai strategi globalnya.

Toyota lebih fokus pada teknologi yang berhubungan dengan lingkungan, keselamatan, pengalaman pengguna, dan kenyamanan. Sedangkan Daihatsu akan melanjutkan teknologi yang 'membungkus' kendaraan dan teknologi untuk efisiensi bahan bakar.

Dengan kesepakatan tersebut, Toyota dan Daihatsu akan menggabungkan operasi mereka di masing-masing kemampuan dan pengalaman teknikal. Kerja sama keduanya diharapkan memberi keuntungan untuk masing-masing merek dalam persaingan global.

Tapi meski Daihatsu menjadi anak usaha Toyota, merek Daihatsu akan tetap ada di Jepang dan di luar Jepang.

Baca Juga: