POPULAR STORIES

Dengan Program Ganjil Genap Berimbas Perekonomian Yang Baik

Dengan Program Ganjil Genap Berimbas Perekonomian Yang Baik Program ganjil genap berimbas perekonomian yang baik (Foto: KabarOto)

Program penerapan sistem Ganjil Genap telah di terapkan di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang berjalan sudah kurang lebih 5 bulan (Agustus-Desember) 2016. Program Ganjil Genap yang menggantikan ‘Three In One’ bertujuan mengurai kemacetan jalan protokol di Jakarta.

Selama program Ganjil Genap berlangsung, Polda Metro Jaya bersama para stake holder dan dinas terkait sudah melakukan pengkajian secara komprehensif. Dari kajian tersebut mendapatkan hasil yang positif yakni, travel time meningkat, volume kendaraan menurun, Trans Jakarta mengalami peningkatan penumpang, higway mengalami peningkatan, dan hasil penegakan hukum per hari mengalami fluktuatif naik dan turun. Untuk total penegakan hukum di wilayah Polda Metro Jaya mulai bulan Agustus hingga 9 Desember 2016 tercatat hingga 5113 penindakan.

Disampaikan AKBP Budiyanto selaku Kasubdit Gakum Polda Metro Jaya mengatakan, para pelanggar program Ganjil Genap masih beragam, ada yang lupa tanggal Ganjil Genap, lupa waktu pemberlakuan program Ganjil Genap, disengaja dan mencoba mengelabuhi petugas dengan mengganti Nomor Polisi.

“Dari salah satu aspek penegakan hukum, jumlah pelanggar yang ditindak menyentuh hingga 5113 pelanggar, angka tersebut relatif cukup tinggi , sebagai salah satu indikator cermin ketaatan masyarakat dalam merespon
program tersebut, ” terang Budiyanto, melalui siaran persnya , Sabtu (10/12).

Dinas Perhubungan (Dishub) sebagai leading sector program ini ( mewakili Pemda ), perlu melakukan pengkajian kembali secara komprenhensip dengan melibatkan seluruh stake holder sebagai dasar untuk mengambil langkah-langkah antisipatif kedepan menuju pada program yang lebih permanent , yakni ERP ( electronic road pricing ).

Langkah-langkah menuju ERP sudah dilakukan oleh Dishub , baik dalam bentuk FGD – FGD, pembicaraan informal , termasuk proses lelang ERP yang saat ini sedang dalam proses.

baca juga: