POPULAR STORIES

Di Amerika, Mobil Listrik Rakitan Manual Bisa Kalahkan Tiga Mobil Listrik Pabrikan

Di Amerika, Mobil Listrik Rakitan Manual Bisa Kalahkan Tiga Mobil Listrik Pabrikan Uji coba daya tahan baterai listrik di California.

Kabaroto.com - Di Amerika Serikat, satu mobil listrik rakitan manual dikabarkan mampu mengalahkan tiga mobil listrik produksi pabrik untuk hal daya tahan baterai. Mobil listrik rakitan yang dinamai The Phoenix itu berhasil mengalahkan sekaligus daya tahan baterai tiga mobil pabrikan yakni Tesla Model S P90D, Chevrolet Bolt dan Nissan Leaf.

Sangat mengejutkan, pastinya, hasil ini. Pasalnya, ketiga mobil pabrikan yang dikalahkan The Phoenix itu sudah dikenal sebagai mobil listrik dengan daya tahan yang lama dibanding para pesaingnya.

Sebagaimana disitat dari inautonews, The Phoenix sejatinya adalah mobil BMW bekas yang didaur ulang oleh perusahaan IT dan logistik asal Amerika, ITAP Inc. (IT Asset Partners) menjadi mobil listrik. Setelah daur ulang tuntas dikerjakan, ITAP kemudian coba untuk menguji kemampuan baterai The Phoenix.

Tak tanggung-tanggung, untuk pengujian ini ITAP langsung membawa Tesla S, Chevy Bolt, dan Nissan Leaf untuk beradu dengan The Phoenix. Keempat mobil itu kemudian dikendarai bersamaan dengan mengambil rute yang sama di Negara Bagian California.

Rute uji coba mengambil jarak dari Chatsworth menuju San Luis Obispo yang memiliki jarak tempuh 582 kilometer. Agar pengujian dinilai fair, baterai keempat mobil terlebih dulu diisi penuh.

Saat keempatnya melaju berbarengan, Nissan Leaf menjadi mobil listrik pertama yang kandas setelah melaju 130 km. Berikutnya menyusul mobil Tesla S P90D yang kehabisan baterai saat menempuh jarak 383 km.

Tinggal tersisa Chevrolet Bolt dan The Phoenix yang masih melaju untuk bisa sampai ke San Luis Obisco. Sempat memberikan perlawanan sengit, Chevrolet Bolt akhirnya gugur juga pada jarak tempuh 437 km. Artinya, bersamaan dengan berhentinya Cherolet Bolt maka The Phoenix sebenarnya sudah menjadi pemenang dari uji coba ini.

Tapi The Phoenix masih terus melaju sendirian dan baru benar-benar terhenti karena kehabisan baterai di jarak 548 km – tinggal berjarak 35 km lagi untuk tiba di San Luis Obisco yang menjadi garis finish uji coba.

Berita Terkait

Berita Terkait