POPULAR STORIES

Dinilai Ramah Terhadap Karyawan Perempuan, Nissan Dapatkan Predikat Merek 'Nadeshiko'

Dinilai Ramah Terhadap Karyawan Perempuan, Nissan Dapatkan Predikat Merek 'Nadeshiko' Nissan secara aktif mempromosikan keberagaman sebagai kekuatan perusahaan, Perempuan menjadi pembuat keputusan utama untuk lebih dari 60% pembelian kendaraan. (foto: dok. Nissan)

Kabaroto.com - Nissan Motor Co., Ltd. baru saja mendapat predikat merek 'Nadeshiko' oleh Bursa Efek Tokyo berkat upayanya mendukung perempuan di tempat bekerja, yang hingga kini telah berhasil meningkatkan jumlah jajaran manajer perempuan di perusahaan.

Predikat yang diterima Nissan Motor Co., Ltd. ini merupakan pencapaian yang ke-5 selama lima tahun berturut-turut. Di April 2016, tercatat 9,1% karyawan perempuan Nissan Jepang berada di level manajer, naik dari 1,6% pada tahun 2004, ketika itu, Nissan baru saja membuka Diversity Development Office. Rasio ini diperkirakan akan meningkat menjadi 10% pada April 2017.

Predikat 'Nadeshiko' sendiri memiliki arti mendalam, sebutan ini berasal dari bunga yang melambangkan kekuatan dan pemberdayaan perempuan di Jepan. Hal ini merupakan bagian dari upaya bersama Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang demi meningkatkan lingkungan kerja yang ramah bagi perempuan.

Bursa Efek Tokyo menyebutkan bahwa Nissan mempromosikan partisipasi aktif karyawan perempuan sebagai bagian dari strategi manajemen perusahaan.

Upaya ini mencakup lokakarya pengembangan karir, pelatihan pengembangan keterampilan dan program mentoring bagi karyawan perempuan. Sebagai pelopor reformasi lingkungan kerja di industri otomotif, Nissan juga membantu karyawan meningkatkan keseimbangan antara kehidupan di kantor dan di rumah.