POPULAR STORIES

Dovizioso Terkejut Melihat Manuver Marquez Di Tikungan Terakhir

Dovizioso Terkejut Melihat  Manuver Marquez di Tikungan Terakhir   Andrea Dovizioso (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images AsiaPac)

KabarOto.com - Pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso meraih podium pertamanya dalam balapan MotoGP 2018 di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (18/3/2018). Namun, Dovi mengaku terkejut dengan perlawanan Marc Marquez saat di tikungan terakhir dalam perebutan posisi pertama.

Memulai balapan dari posisi kelima membuat Dovizioso berupaya keras demi meraih podium. Pembalap asal Italia itu berulang kali terlibat salip-menyalip dengan Cal Crutchlow dan Danilo Petruci yang berada di posisi ketiga dan empat.

Tak berselang lama, tepatnya lap ke-15 Dovi berhasil memimpin perlombaan diikuti Marc Marquez dan Valentino Rossi. Namun, saat balapan menyisakan lima laps terakhir, kecepatan Dovi mulai menurun diakibatkan performa ban belakang (medium) Michelin yang mulai menurun.

Di lain pihak, Marquez yang menggunakan ban keras mampu tampil lebih cepat dan terus menganggu pertahanan Dovi.

Baca Juga: Marquez Akui Timnya Punya Tugas Berat Jelang GP Qatar

Klimaks terjadi di putaran terakhir, ketika hampir memasuki tikungan terakhir, Dovi yang masih memimpin dikejutkan manuver Marquez yang menyalip dari bagian dalam.

Namun, Dovi berhasil mempertahankan posisinya dan memanfaatkan tenaga besar Desmocedici di trek lurus. Dovi pun berhasil finish di posisi pertama dengan selisih waktu 0,027 detik dari Marquez.

“Saya tidak berharap bisa menyelesaikan balapan dengan Marc. Ini adalah MotoGP, inilah alasan mengapa ada pembalap yang benar-benar tangguh. Mereka tidak pernah menyerah, mereka bekerja dalam rincian untuk balapan dan kami menyelesaikan balapan di tikungan terakhir seperti yang sudah terjadi dua kali musim 2017,” ujar Dovi, dilansir Crash.net, Senin (19/3/2018).

Baca Juga: Suzuki Akan Bentuk Tim Satelit Musim Depan

"Saya tidak menginginkan hal tersebut. Namun, pada empat lap terakhir, saat saya berada di depan, saya terus menekan. Saya membuat waktu lap yang bagus, tapi tidak sebagus yang saya inginkan," kata Dovi.

"Jadi saya tidak bisa menciptakan celah. Sementara Marc pasti melakukan suatu hal yang tidak nyata untuk tetap bersama saya di posisi terdepan. Meski demikian, saya senang bisa mengelola tikungan terakhir dengan cara yang sempurna. Marc menekan lebih banyak daripada sebelumnya karena saya harus melewati trotoar karena tidak ada tempat lain untuk melintas," jelasnya.

Saat ini Andrea Dovizioso memimpin klasemen sementara MotoGP 2018 dengan koleksi 25 poin. Ditempat kedua dihuni rider Repsol Honda, Marquez lewat koleksi 20 poin dan pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi ditempat ketiga dengan koleksi 16 poin.