POPULAR STORIES

Dunlop Jepang Pamerkan Teknologi Ban Masa Depan "Tanpa Angin Dan Anti Bocor"

Dunlop Jepang Pamerkan Teknologi Ban Masa Depan "Tanpa Angin dan Anti Bocor" Sumitomo Rubber Industries (Dunlop Jepang) Tampilkan dua konsep teknologi ban baru, Gyroblade Airless Tire (warna hijau) dan Coreseal Tire Sealant di Tokyo motor show 2015 (Foto: en.responsejp.com)

Permasalahan yang sering menghawatirkan pada ban kendaraan seperti bocor, tidak awet, ataupun mahal, dan selalu berwarna hitam sepertinya akan diubah di masa depan. Di Tokyo Motor Show 2015, Sumitomo Rubber Industries (Dunlop Jepang) memperkenalkan dua konsep teknologi baru, Gyroblade Airless Tire dan Coreseal Tire Sealant, keduanya merupakan rancangan teknologi baru ban di masa depan.

Gyroblade adalah konsep ban tanpa udara. Desainnya, pelek logam yang dilingkari bahan resin khusus, kemudian dilapisi tapak ban. Konfigurasi ini dikatakan memenuhi semua syarat sebuah ban, tanpa perlu diisi angin.  

 
Airless tire gyro Blade merupakan konsep ban tanpa udara.

Desain Gyroblade dikatakan bukan cuma aman ketika ban bocor karena benda tajam, tapi juga memangkas perawatan. Sekali digunakan, mobil tidak perlu lagi mengganti ban. Lapisan resin bisa dibuat berbagai macam warna, jadi produk ini mendukung gaya estetika sesuai keinginan.

Sedangkan Coreseal merupakan konsep pertolongan pertama bila ban bocor tertusuk benda tajam. Terdapat lapisan khusus di bagian dalam tapak yang bertugas mengisi celah yang kosong setelah ban berlubang. Fungsinya mencegah angin keluar. Tidak perlu lagi ban cadangan bila menggunakan Coreseal.


Sistem kerja teknologi ban masa depan Dunlop Jepang, Coreseal Tire Sealant.

Rancangan ban masa depan ini bukan hanya akan menyingkirkan masalah dan kekhawatiran pengendara terhadap ban, tapi juga akan meningkatkan faktor keselamatan. 

Baca Juga: