POPULAR STORIES

Excel SS 180, Main Lampu Cirikan Gaya Mods Mayday

 Excel SS 180, Main Lampu Cirikan Gaya Mods Mayday Pemilik Vespa ini hanya bermain di gaya modifikasi lampu. (Foto: KabarOto/Abdi Kurniawan)

KabarOto Modifikasi Motor- Banyak sekali jumlah lampu yang dipasangkan dibagian depan motor tahun 1967 ini. Ternyata itu adalah gaya Mods Mayday Vespa.

Headlamp yang berada di cover Vespa Excel SS 180 ini unik desainnya. Lihat saja, banyaknya lampu utama. Bohlam yang berjenis bulat ini ada yang berasal dari Inggris.

"Memang lampu depan itu ada yang di pesan dari Inggris. Benar desain lampu depan tersebut memang saya pilih yang bundar-bundar. Tujuannya agar terlihat meaching dan tidak kaku. Iya ada 10 lampu yang saya pasangkan di sana. Desainnya ini saya yang buat dan sungguh gampang. Lihat saja ada tiga rangkaian. Rangkaiann pertama di bagian depan lampu jajaran atas dengan tiga penyusanan. Begitujuga dengan barisan tengah, terdapat tiga lampu pula, bagian tengah bundar besar, disamping sisi kiri lampu bulat tersebut ada satu lampu. Demikian juga dengan lampu bagian kanannya dengan ukuran sama dengan sisi kiri," jelas Nazir kepada KabarOto.com.

Motor langkanya ini memang tidak di modifikasi secara full tetapi yang dimodifikasinya hanya bagian depan yang dihiasi lampu-lampu tersebut. Bagi Nazir, motor ini merupakan motor kesayangannya, kolektor item. Bila ada acara, barulah Vespa ini ditonjolkan, dikeluarkan kepada penonton dan pecinta otomotif, seperti di event Mods Mayday tersebut.

"Sayang saja bila dipakai harian. Kan sudah bagus penampilannya. Lampu itu bukanlah sebagai pajangan saja, tetapi semua lampu tersebut hidup. Yang pasti motor ini banyak dilirik pengendara lainnya," ucap Nazir, pemilik Vespa yang aslinya warna merah ini.

Lalu, bagaimana dengan perawatannya? Perawatan Vespa untuk jenis GS dan SS adalah perawatan yang khusus. Karena komponen yang berada di dalamnya sangat berbeda dengan komponen lainnya. Onderdil mesin Vespa ini semuanya harus adli. Tidak ada copotan.

"Misalnya saja saat mencari karburator Vespa ini. Tidak ada yang jual, harus pesan dari luar. Tidak semua mekanik mengetahui bagian mesin Vespa ini. Saya bangga mempunyai Vespa ini walaupun modifikasinya hanya di lampu," ucap Nazir yang juga tujuh koleksi Vespa di rumahnya dan mempunyai tim balap motor, Scotmonster. (aku)

Baca Juga: 

Tengok Ubahan Jap Style dan Brat Style
Kawasaki H2R Cundangi Bugatti Veyron
Aceh Tuan Rumah Yamaha Cup Race 2015 Seri II