POPULAR STORIES

FIA Revisi Regulasi Mobil WRC Untuk Musim 2017

FIA Revisi Regulasi Mobil WRC untuk Musim 2017 FIA WRC 2017 akan meregulasi mobil-mobil untuk bertanding di musim WRC 2017 nanti (Foto Dok: fia.com)

Musim WRC 2017 memang masih lama, tetapi berdasarkan tinjauan FIA pada musim WRC tahun lalu dan tahun ini sepertinya akan makin menyenangkan para penggemar balap reli seperti adanya penambahan batas tenaga mesin dan perubahan regulasi aerodinamika mobil yang makin dramatis sambil memberikan tingkat kompetisi yang makin menarik.

Jarmo Mahonen, FIA Rally Director mengatakan, seluruh pelaku olahraga ini telah dilibatkan untuk memastikan bahwa pihaknya juga akan memenuhi aspek di sisi komersial, pemasaran dan promosi.

"Sedangkan dalam waktu yang bersamaan kami juga akan menyenangkan para fans reli setia. Mobil tahun 2017 akan terlihat lebih dramatis dan berkarakter, kebebasan desain tersebut kami harapkan selaras dengan regulasi teknis final. Melihat mobil reli tersebut beraksi sungguh membuat jantung berdebar dan hal itulah yang sangat diharapkan,” jelas Jarmo Mahonen.

Dengan adanya perubahan pada regulasi teknis WRC 2017 pada mesin dan aerodinamika mobil diharapkan akan meraih banyak penggemar dan makin memberi warna berbeda pada kompetisi WRC. Di sisi mesin masih menggunakan kapasitas 1.6 liter turbo namun batas tenaga mesin akan disamakan dengan mobil balap WTCC. Diameter turbo restrictor diperbesar dari 33mm hingga 36mm, sedangkan boost turbo tetap dibatasi sebesar 2.5b. Batas berat minimum kendaraan juga dikurangi sebesar 25 kilogram.

Seperti yang dikutip dari www.fia.com, disisi aerodinamika akan ada lebih banyak inovasi dibandingkan dengan mobil-mobil reli sebelumnya. Sebuah zona bebas di sekeliling bodi mobil akan diperbolehkan seperti overhang bemper depan sepanjang 60mm dan juga penambahan sirip di bemper depan. Di bagian belakang juga dapat diperbesar dengan tambahan area 30mm, sayap belakang yang lebih bear dan ukuran maksimum baru untuk diffuser. Mobil WRC juga harus menggunakan mobil produk massal dengan panjang minimal 3.9 meter.

"Saya rasa perubahan wajah dan performa mobil untuk tahun 2017 merupakan kabar baik,” ujar pebalap Volkswagen Motorsport dan juara 2 kali FIA WRC Sébastien Ogier.

Sebagai pebalap tentunya akan selalu membutuhkan performa lebih. Ia rasa dengan ukuran sayap yang lebih besar dan paket aerodinamika baru akan memberi daya tekan yang lebih besar, traksi yang lebih baik dan kecepatan lebih tinggi saat menikung. Hal ini juga baik untuk balapan, karena tenaga mesin yang lebih besar juga akan menjadi balapan yang lebih spektakuler untuk para fans, apalagi mobil juga akan terlihat lebih agresif dengan bodi yang lebih lebar.

"Saya akan sangat menantikan generasi baru Polo R WRC," ungkapnya.

Sambil menunggu musim 2017, regulasi WRC tahun 2011 hingga tahun 2016 akan tetap berlaku di WRC dan tidak akan diperbaharui untuk memenuhi regulasi teknis 2017. Homologasi mobil WRC 2017 juga akan diselesaikan setelah pabrikan yang akan berkompetisi telah melakukan pendaftaran ke Komisi WRC FIA.

Baca Juga: