POPULAR STORIES

FIA Rilis Perubahan Peraturan Teknis Formula 1 Musim 2016

FIA Rilis Perubahan Peraturan Teknis Formula 1 Musim 2016 Bendera FIA dan Formula 1 (foto:wordpress.carthrottle.com)
Dewan Olahraga Bermotor Dunia (WMSC – World Motor Sport Council) FIA baru saja merilis perubahan jadwal balap Formula 1 dan beberapa perubahan peraturan teknis yang wajib ditaati oleh seluruh tim Formula 1 yang terlibat pada musim 2016. Berdasarkan keputusan rapat dewan yang diadakan di Paris hari Rabu yang lalu menghasilkan salah satu keputusan yang cukup unik, yaitu peraturan yang menyebutkan bahwa FIA mewajibkan mobil Formula 1 harus berisik.
 
Penggemar F1 mungkin sudah tahu bahwa perubahan regulasi mesin terakhir dari V8 menuju V6 turbo dan paket komponen hibrida beberapa musim terakhir menghasilkan suara mobil yang bisa dikatakan nyaris tak terdengar bila dibandingkan dengan balap mobil lainnya. Maka dari itu, untuk musim balap 2016 dan seterusnya, FIA akan memberi 'suara berisik' kembali pada mobil balap Formula 1 dengan mewajibkan pemasangan pipa buang terpisah dari katup wastegate yang telah ada dan menyebutkan bahwa perubahan ini tidak berefek pada tenaga mesin maupun emisi gas buang yang dihasilkan. Selain itu beberapa perubahan teknik untuk musim balap tahun depan antara lain :
  • Kokpit mobil harus memenuhi syarat keamanan saat masa uji coba hingga balap seperti posisi kepala pebalap, bantalan headrest dan faktor kemudahan bagi pebalap untuk keluar mobil.
  • Peraturan Olahraga mengenai batas sirkuit telah diklarifikasi dan menegaskan bahwa setiap pebalap harus menggunakan seluruh bagian sirkuit pada saat balapan dan tidak diperkenankan untuk keluar dari lintasan tanpa alasan yang dapat dibenarkan. Hukuman akan dikenakan kepada pebalap yang dinyatakan bersalah sengaja keluar dari lintasan untuk menyalip.
  • WMSC menyetujui perubahan mengenai peraturan penggantian unit mesin dan transmisi. Hukuman yang dikenakan saat kualifikasi akan disesuaikan berdasarkan waktu penggunaan. Untuk penggantian komponen yang dilakukan setelah kualifikasi, akan dilakukan penyesuaian kepada pebalap dari tim yang telah melaporkan perubahan komponen kepada delegasi teknis lomba.
  • Setiap pebalap yang menyebabkan pembatalan start meskipun ia mampu mengikuti lap formasi diharuskan memulai balapan dari jalur pit. Proses yang sama akan dilakukan saat balapan dimulai kembali saat mobil yang bermasalah dipindahkan ke jalur pit.
  • WMSC membatasi sejumlah pengujian komponen aerodinamika mobil menggunakan fasilitas terowongan angin ataupun CFD serta mengawasi dalam hal penggunaan fasilitas riset tersebut.
  • Untuk musim balap 2017, pemasangan kamera di bagian pangkal hidung mobil tidak diperbolehkan.

Baca juga: