POPULAR STORIES

Ford Gunakan Bambu Sebagai Material Desain Interior

Ford Gunakan Bambu Sebagai Material Desain Interior

Kabaroto.com - Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Ford, tak berhenti melakukan inovasi. Mereka bereksperimen untuk menggunakan bambu sebagai material interior mobil.

Seperti dilansir Auto Evolution Sabtu (22/4/2017), penelitian ini dilakukan di fasilitas Research and Engineering Center milik Ford di Nanjing, Cina.

Ford ingin menggunakan serat bambu untuk memperkuat material plastik yang digunakan di berbagai sisi di kabin kendaraan.

Selain itu, pabrikan yang minggat dari Indonesia pada awal tahun lalu itu juga ingin mengolahnya menjadi bahan kain yang membalut sekeliling interior mobil.

Bambu lebih dipilih dibanding kayu pada umumnya karena lebih cepat tumbuh dibanding jenis pohon lainnya, sehingga dianggap sumber daya terbarukan.

Bambu sudah 'matang' hanya dalam dua sampai lima tahun. Sementara pohon-pohon lain butuh beberapa dekade untuk bisa dikategorikan matang secara usia.

Selain itu, bambu juga banyak tumbuh di Cina maupun negara-negara lain di Asia. Hal ini membuat bambu menjadi sumber daya alam yang murah.

Berita Terkait

Berita Terkait