POPULAR STORIES

Forwot Gagas Diskusi Euro-6

Forwot Gagas Diskusi Euro-6 diskusi Euro-6 oleh FORWOT (Foto : mobil123)

Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) menggagas diskusi bersama Pertamina, Gaikindo dan KPBB di Jakarta, Rabu 27 Juli 2016 kemarin. Temanya adalah “Tantangan Menuju Euro-6”.

Indra Prabowo ketua FORWOT mengutarakan “Negara-negara Eropa telah menerapkan standar Euro-5, sementara Indonesia masih Euro-2 dan baru akan menerapkan Euro-4 pada 2018. Kami tidak mau Indonesia terus tertinggal. Di sini kita ingin mengetahui seberapa siap Indonesia melangkah ke Euro-6?”
Memang, Indonesia ketinggalan dari negara-negara Eropa. Tidak usah jauh-jauh, dibandingkan negara tetangga saja sudah lewat.

Semestinya Indonesia bisa lebih maju dari Malaysia, Singapore, Thailand, India dan bahkan Vietnam bila ditilik dari sejarah industri kendaraannya. “Industri otomotif di Tanah Air telah berjalan sejak 1920-an. Sementara melihat Thailand maupun Filipina baru memulai 1960-an,” terang Puput dari KPBB. Ia juga memaparkan bahwa India telah mampu melompat ke Euro-4 dan bahkan Singapura sudah bersiap menuju Euro-6 dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan pada 2019, Pertamina bersama investor telah memikirkan bahan bakar bukan hanya Euro-4,” harapnya. Namun faktanya, “Bahan bakar yang ada sekarang ini yaitu Solar dan Premium kualitasnya masih di bawah standar Euro-2. Jadi standar Euro-2 yang diterapkan masih Euro-2 versinya Indonesia,” lanjut Puput.

Baca juga :