POPULAR STORIES

Gara-gara Kualifikasi GP Qatar Batal, Semua Rencana Rossi Buyar

Gara-gara Kualifikasi GP Qatar Batal, Semua Rencana Rossi Buyar Rossi kecewa pihak penyelanggara batalkan kualifikasi. (foto: crash)

Valentino Rossi mengaku legowo menerima pembatalan sesi kualifikasi GP Qatar lantaran Sirkuit Losail diguyur hujan yang mengakibatkan banyak genangan air di lintasan.

Pembalap gaek Movistar Yamaha ini tadinya masih memerlukan perubahan dan perbaikan pada performa motornya, di satu sisi berharap bisa memperbaiki posisi.

Akibat pembatalan kualifikasi, penentuan posisi grid diambil berdasarkan kombinasi waktu dalam tiga sesi latihan bebas sebelumnya. Dan atas dasar itu, Rossi akan start dari posisi ke-10 pada race pembuka, Senin (27/3) dini hari WIB.

“Masalah pertama yang saya hadapi adalah saya harus memulai balapan dari posisi kesepuluh. Sedikit disayangkan bagi kami, karena saya bisa berkembang dalam keadan sepenuhnya kering atau basah,” Ujar pembalap asal Italia dilansir Crash.

“Tetapi Masalah kedua adalah dari serangkaian uji coba sampai latihan terakhir, saya tak pernah memiliki kecepatan mengagumkan. Saya pikir sangat penting, jika Kita mampu meningkatkan pengaturan, dan siapa tahu bisa meningkatkan kecepatan, saya dapat mencoba untuk membalap dengan baik. Kita Lihat nanti,”

“Karena mungkin lintasan yang banyak air, justru membersihkan lintasan dan lagian Kita mempunyai cukup waktu hampir satu setengah jam untuk melakukan pemanasan dan juga ada dua balapan sebelum MotoGP ini dimulai. Sehingga dalam kondisi yang normal, seharusnya lintasan akan menjadi lebih baik lagi.”

Meskipun sedikit frustasi dengan dibatalkannya jadwal kualifikasi, Rossi yakin keputusan ini merupakan keputusan yang sangat benar dan ia juga berpikir bahwa Sirkuit Internasional Losail memang harus dalam kondisi yang bagus sebelum balapan dilaksanakan.

“Ya, secara pribadi penampilan saya buruk, karena harus berada di posisi belakang. Tetapi bagi saya ini pilihan yang benar, tidak mungkin untuk berlatih hari ini," ujar Rossi.

“Karena lintasan sebagian kering sebagian basah, jadi Anda tidak tahu ban yang cocok untuk digunakan, dan ini juga sangat berbahaya. Ini keputusan yang mereka ambil.”

“Bagi saya, paling utama, mereka harus menyiapkan lintasan dengan kondisi ini, dengan pengeringan yang ada. Dan kita harus mencoba bersama dengan kendaraan MotoGP kita.”

Valentino Rossi sempat bercanda bahwa segala investasi yang ada di Qatar, Sirkuit Losail seharusnya bisa membangun atap untuk mengatasi hujan, untuk event selanjutnya.

“Mereka membangun lintasan ini bukan untuk musim hujan. Karena waktu itu, di sini tidak pernah hujan. Tetapi di tahun lalu, kondisinya sudah berubah, sehingga atap merupakan ide yang bagus untuk mengatasi hal ini!“