POPULAR STORIES

Graphis Racing Dan Motif Batik Jadi Tren Airbrush 2017

Graphis Racing dan Motif Batik Jadi Tren Airbrush 2017 Airbrush realis motif batik kreasi Donz Autobodywork di Yamaha NMax (foto:dok)

Saat ini penggemar modifikasi airbrush semakin meningkat. Modifikasi airbrush memiliki market tersendiri di kalangan bikers, yang membuat tampilan motor semakin menarik. Apalagi dengan banyaknya kontes modifikasi yang menghidupkan tren bagi para pecinta airbrush. Tak heran semakin banyak bengkel modifikasi yang menawarkan jasa airbrush yang membantu mewujudkan impian para bikers . Menurut Donny Alfariza, pemilik Donz Autobodywork yang berlokasi di jalan A Yani No 39, Bekasi, tahun 2017 ini tren airbrush lebih ke arah elegant racing atau graphis racing karena lebih simpel. Misalnya diambil dari motif-motif helm. Tren graphis racing ini diperkirakan akan bertahan lama karena simpel dan tidak membosankan. "Banyak orang sudah mulai meninggalkan motif Moto GP yang sudah pasaran. Graphis racing Ini biasanya diaplikasikan ke motor matic seperti NMax yang saat ini paling banyak di pasaran," terang Donny.

Airbrush graphis racing dari Donz Autobodywork (foto: dok)

Untuk tarif airbrush graphis racing, Donz Autobodywork mengenakan harga dari mulai Rp 2,5 juta untuk bodi dan velg. Selain elegant racing atau graphis racing untuk konsep airbrush grafis, menurut Donny untuk airbrush realis trennya lebih ke arah batik. Pengerjaan airbrush grafis bisa dibilang lebih mudah tekniknya dibanding airbrush realis. Motif airbrush grafis biasanya berupa garis-garis dengan perpaduan berbagai macam warna. Untuk membuat motif grafis ini membutuhkan kemampuan untuk mengkombinasikan warna-warna agar tampilannya selaras antara garis satu dan lainnya. Lain halnya dengan airbrush realis yang membutuhkan kemampuan dasar seni lukis.

Adapun untuk karbon menurut Donny lebih ke water printing. "Untuk karbon kevlar sudah mulai ditinggalkan karena selain biayanya mahal juga perawatannya rumit, dan sekarang lebih ke arah yang simpel. Untuk water printing hanya untuk karbon printing, tapi bukan untuk gambar," tambahnya. Saat ini untuk karbon printing bahkan dari pihak pabrik ada yang sudah mengeluarkan printing. "Seperti motor matic Yamaha NMax pabrikan sudah mengeluarkan untuk printing yang satu setnya hanya Rp500 ribuan. Dan perawatannya juga lebih mudah dan lebih murah," pungkasnya.