POPULAR STORIES

Gunakan Ring Washer Oli Agar Oli Mesin Tidak Bocor

Gunakan Ring Washer Oli Agar Oli Mesin Tidak Bocor bentuk-bentuk ring washer ( Foto : Ist)

Jika bro and sis yang punya mobil tahun rakitan diatas 5 tahun, maka harus sering memeriksa bagian bawah mesin. Apakah ada rembesan oli yang bocor sehingga membuat oli mobil anda berkurang? Jika terdapat rembesan oli maka segera gunakan ring washer oli untuk menyumbat dibagian baut oli bagian bawah mesin, agar tidak mengalami kebocoran.

Ring washer itu terbuat dari metal dengan diameter dalam bervariasi tergantung baut oli pada sebuah merk. Ring Washer ini tahan panas baik rambatan metal atau oli. ,” terang Almus Hidayat, sales manager sebuah produk otomotif.

Kelebihan lain dari ring washer ini adalah tidak merusak alur baut karena tidak ikut berputar dengan baut. Hal inilah yang menghindarkan sumbatan di lubang karter oli. Meski terlihat mulur, namun permukaan ring ini sebenarnya memiliki alur ketika dilihat menggunakan mikroskop.

Alur ini berguna untuk mencengkeram baut dan permukaan karter. Ring washer ini tentu sangat berbeda dengan seal tape berwarna putih yang biasa digunakan bengkel pada umumnya. Dan seal tape ini bisa merusak drat baut.

Selain itu, seal tape juga tidak menjamin kebocoran oli bisa diatasi dan bahan seal tape yang lemas tidak tahan panas. Bila terus dibiarkan maka bisa membuat jumlah oli berkurang secara signifikan dan berpotensi merusak mesin. Ring washer ini sudah biasa menjadi komponen standar bengkel resmi, sedangkan untuk bengkel umum masih belum menyediakan.

Baca juga :