POPULAR STORIES

Hajar Lubang? Boleh Saja Bila Terpaksa

Hajar Lubang? Boleh Saja Bila Terpaksa Ilustrasi jalan berlubang (Foto: wartapriangan.com)

Melintasi jalan berlubang tentunya tidak nyaman. Membuat bosan si pengemudi atau pun si penunggang, apalagi bila mengejar waktu. Namun di sini ada cara untuk hajar lubang di jalan tersebut bila terpaksa.

Perihal hal ini, ahli shocbreaker yang beralamat di Sawangan, Jawa Barat memberikan sebuah kisi-kisi agar nyaman hajar lubang tersebut. Ada empat tips yang diungkapkan oleh Ranto, si ahli shocbreaker tersebut. Apa saja?

Pertama, berilah jarak pandang. Maksudnya adalah si pengendara harus memantau jarang pandang yang baik antara Anda dengan kendaraan yang berada di depan Bro and Sist. Kenapa demikian? Tujuannya adalah agar aspal jalan tersebut terlihat jelas. Nah jika ada lubang, maka para pengendara ada kesempatan untuk menghindar dari lubang yang mengganggu tersebut.

Kedua, lihat lubang perlambat putaran gas. Artinya adalah kedua kelopak mata dibutuhkan jeli untuk memperhatikan lubang yang ada di jalan. Misalnya saja, Bro and Sist terkejut melihat lubang di depan kendaraan yang Bro and Sist naiki. Saatnya untuk memperlambat putaran atau pun menutup gas dan menginjak atau pun menekan rem.

Tiga, tidak ada salahnya bila Bro and Sist melintasi jalan yang biasa dilalui. Karena itulah akan memudahkan Bro and Sist. Tentunya Bro and Sist akan paham dimana lubang tersebut berada. Saat jauh berpindahlah jalur dan menghindar dari lubang tersebut.

Empat, bagi Anda pengendara motor bila terpaksa membablaskan lubang adalah tetap perlambat kendaraan. Perlahan-lahan angkat pinggul Anda, sedikit tekuk lutut dan siku tangan, serta genggam lebih kuat setang kemudi. Tujuannya adalah agar Bro and Sist tidak terlempar. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak terlempar dari kendaraan.

Kesimpulannya adalah jangan pernah menghindari lubang dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: