POPULAR STORIES

Hebat, Jalan Aspal Di Belanda Bisa Perbaiki Diri Sendiri Jika Rusak

Hebat, Jalan Aspal di Belanda Bisa Perbaiki Diri Sendiri jika Rusak

Kabaroto.com - Jalan aspal di Indonesia banyak yang bergelombang dan bolong. Kondisi ini berbeda jauh dengan di Belanda. Jalan aspal di Negeri Kincir Angin itu bisa memperbaiki secara otomatis jika terjadi kerusakan.

Teknologi aspal canggih di Belanda ini awalnya dilahirkan untuk menghadapi musim yang amat dingin. Kondisi cuaca yang amat dingin membuat aspal mudah mengalami kerusakan.

Teknologi aspal ini diciptakan oleh Erik Schlangen dari Delft University Netherlands. Aspal ini bisa memperbaiki dirinya sendiri saat hendak mengalami kerusakan. Sistem ini masih terus berkembang dan diprediksi bakal bisa membantu mobil listrik dalam melakukan pengisian baterai dalam perjalanan. Demikian dilansir Insideevs, Selasa (27/6/2017).

Hal yang membuat aspal ini bisa meperbaiki diri sendiri tak lepas dari material yang digunakan. Aspal ini memiliki kandungan serat baja atau steel fibers, serat baja ini lalu dikawinkan dengan sistem magnet, dan bisa mengeluarkan panas.

Panas yang dikeluarkan aspal ini akan berperan untuk menghangatkan aspal dan menutup celah jalan. Dan magnet ini akan membantu aspal bekerja memperbaiki dirinya saat terjadi kerusakan.

Berita Terkait

Berita Terkait