POPULAR STORIES

Hindari Injak Setengah Kopling Saat Macet Ditanjakan, Ini Akibatnya

Hindari Injak Setengah Kopling Saat Macet Ditanjakan, Ini Akibatnya menggunakan setengah kopling di jalan macet dan menanjak menyebabkan mobil bermasalah (foto: istimewa)

Mengendarai mobil manual tentu membutuhkan banyak tenaga pada bagian kaki kanan dan kiri. Apalagi saat terjebak macet dijalan yang menanjak. Panik dan membutuhkan hal yang simpel agar mobil tidak mundur saat mulai jalan perlahan. Seperti menginjak setengah kopling dan gas saat mobil berhenti di tanjakan. Ini harus dihindari.

Karena menggunakan setengah kopling di jalan macet dan menanjak menyebabkan mobil bermasalah karena kopling menjadi habis. kanvas kopling akan mengalami gesekan antara flywheel dan cover clutch (dekrup).

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi mengatakan, menyarankan untuk menggunakan rem tangan dan membebaskan pedal kopling ketika terjebak macet atau melintasi jalan tanjakan.

Kedua trik yang diberikan Dadi itu dapat menghindari anda dari masalah mobil mogok setelah terjebak macet di jalan menanjak. Menurutnya lebih baik injak pedal kopling penuh atau tidak menginjaknya sama sekali atau manfaatkan rem tangan.

Jika mobil sudah mulai jalan lagi anda tinggal membebaskan pedal kopling dan mengatur kecepatan dengan gas. Jadi, pedal kopling tak perlu diinjak sama sekali.

“Kalau sering setengah kopling saat macet apalagi di jalan menanjak, mobil bisa mogok," ujar General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi.

Baca juga :