POPULAR STORIES

Hitler Ternyata Pernah Hutang Beli Mobil Mercedes Benz

Hitler Ternyata Pernah Hutang Beli Mobil Mercedes Benz

Kabaroto.com - Adolf Hitler merupakan satu di antara tokoh yang paling berpengaruh pada Perang Dunia II. Dia merupakan tokoh penguasa dunia dan memiliki sumber daya tak terkira.

Meski demikian, kekuasaan Hitler tak diikuti dengan sumber keuangan yang mumpuni. Hitler dikabarkan pernah mengajukan hutang kepada perusahaan otomotif asal Jerman, Mercedes Benz.

Pada tahun 1924, melalui surat Hitler mengajukan hutang kepada Mercy untuk pembelian limusin 11/40 dari dalam penjara Landsber Fortress.

Saat itu Hitler memang mendekam di penjara akibat upaya kudeta yang gagal terhadap pemerintahan yang sah. Di dalam suratnya, Hitler mengaku amat menyukai mobil ini. Namun, dia belum memiliki uang yang cukup untuk membelinya.

"Hal tersulit bagi saya pada saat ini adalah karena royalti hasil kerja keras saya (buku) belum bisa cair sampai pertengahan Desember," demikian isi surat Hitler yang ditujukan kepada pemilik dealer Mercedes Benz, Jakob Ferlin.

"Jadi saya terpaksa meminta pinjaman atau uang muka. Ini akan jadi bantuan besar," lanjut surat tersebut.

Satu unit Mercy 11/40 sendiri saat itu mencapai 18 ribu Reichsmark (mata uang Jerman pada 1924 sampai 1948). Cukup mahal pada masanya.

"Saya tidak mampu membeli mobil setiap dua sampai tiga tahun. Saya juga tidak bisa membayar biaya perbaikan," ungkap Hitler melalui suratnya.

Berita Terkait

Berita Terkait