POPULAR STORIES

Honda Recall 143.676 Unit Honda Jazz Dan Honda Civic

Honda Recall 143.676 unit Honda Jazz dan Honda Civic Tongkat transmisi Honda Jazz di Amerika (foto: greencarreports.com)

Honda di Amerika dikabarkan telah menarik (recall) sebanyak 143.676 unit mobil kendaraan Honda Jazz dan Honda Civic terkait permasalahan pada sistem transmisi seperti dilaporkan laman Autoguide.

Yang menjadi pusat perhatian adalah Honda Jazz 2015 dan Civic 2014-2015 di pasar Amerika Serikat. Kedua mobil ini memiliki masalah pada CVT (Continuously Variable Transmissions) yang menggunakan tekanan hidrolik tinggi dalam pengoperasiannya.

Kabin Honda Civic model baru (foto:greencarreports.com)

Sistem transmisi tersebut dikatakan diproduksi dengan beberapa kejanggalan. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu tertentu bisa mengakibatkan hancurnya 'shaft' dalam pengoperasiannya. Jika ini terjadi saat di jalan, tentu saja kendaraan bisa kehilangan akselerasi dan roda depan seketika dapat mengunci. Jelas ini akan membuat resiko kecelakaan semakin tinggi. Bayangkan saja jika tengah mengoper gigi kemudian mobil malah berhenti mendadak, bisa ditebak apa yang bakal terjadi.

Tindakan recall dari Honda ini dinilai cepat tanggap. Pasalnya hingga saat ini tidak dada kecelakaan yang disebabkan oleh permasalahan tersebut. Kasus ini pertama kali ditemukan melalui proses garansi di Amerika Serikat yang pemberitahuannya dikirimkan oleh seorang pelanggan melalui surat. Untungnya pelapor tidak mengalami kejadian buruk dan Honda menggantinya dengan biaya perbaikan Sistem transmisi secara gratis.

Baca juga: